Sukses

Van Dijk ke Liverpool, Ini 5 Bek Termahal di Dunia

Liverpool menjadikan Van Dijk bek termahal dunia.

Liputan6.com, Liverpool - Virgil van Dijk menjadi pemain keenam yang Liverpool beli dari Southampton sejak 2014. Untuk merekrut mereka, The Reds mengeluarkan 166,5 juta pound sterling atau sekitar Rp 3,03 triliun.

Manuver pertama Liverpool adalah mendatangkan Rickie Lambert pada 2 Juni 2014. Mereka mengeluarkan empat juta pound baginya.

Sebulan berselang, klub Merseyside tersebut menggaet Adam Lallana (25 juta pound) dan Dejan Lovren (20 juta pound). Pada musim panas 2015, giliran Nathaniel Clyne yang diboyong senilai 12,5 juta pound. Setelah itu giliran Sadio Mane yang direkrut sebesar 30 juta pound.

Pembelian-pembelian ini tidak seluruhnya berdampak positif bagi Liverpool. Masuk kategori mana Van Dijk?

Sembari menunggu, pemain asal Belanda itu dipastikan memegang rekor sebagai bek termahal dunia. Uniknya, transfer pemain yang berada di lima urutan teratas terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Berikut penjabarannya menurut Transfermarkt.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

David Luiz

David Luiz. (AFP/Glyn Kirk)

Sebelumnya rekor bek termahal dunia dipegang Rio Ferdinand. Dia masuk buku sejarah ketika dibeli Manchester United sebesar 30 juta pound pada 2002, atau 41 juta pound sesuai inflasi.

Catatan Ferdinand baru pecah 12 tahun berselang. Adalah Luiz yang memecahkannya ketika Paris Saint-Germain (PSG) mengeluarkan 44,5 juta pound baginya.

Luiz tidak bertahan lama di PSG. Dia kembali ke Chelsea pada 2016 dan membantu tim menjuarai Liga Inggris.

3 dari 6 halaman

Kyle Walker

Kyle Walker. (AFP/Bob Levey)

Pembeliannya merusak harga bek di pasar. Sebab, Manchester City menyetor 45 juta pound bagi seorang bek sayap.

Hingga kini dia sudah bermain di 24 pertandingan kompetisi. Walker juga memainkan peran besar terhadap keberhasilan The Citizens mengukuhkan rekor kemenangan beruntun terpanjang, sejauh ini hingga 18 pertandingan.

4 dari 6 halaman

John Stones

John Stones. (AFP/Emmanuel Dunand)

Setahun sebelum membeli Walker, Manchester City sudah menunjukkan keseriusan di bursa transfer. Mereka tidak segan mengeluarkan dana besar untuk merekrut pemain idaman. Kala itu mereka menyetor 50 juta pound bagi Stones, bek tengah muda milik Everton.

Pembelian ini sempat dipertanyakan. Stones acap melakukan kesalahan pada kampanye perdananya bersama Manchester City. Dia pun dicadangkan jelang berakhirnya kompetisi.

Namun, Stones mampu menunjukkan potensinya musim ini. Dia jadi bagian integral tim sebelum terkena cedera serius, pertengahan November lalu.

5 dari 6 halaman

Benjamin Mendy

Benjamin Mendy. (AFP/Oli Scarff)

Selang sepekan dari transfer Walker, Manchester City kembali mengeluarkan dana besar bagi bek sayap. Kali ini mereka menyetor 51,7 pound untuk Mendy.

The Citizens menyetor uang sebesar itu agar AS Monaco mau melepasnya. Mereka terkesima dengan kinerja Mendy yang membantu klub menjuarai Ligue 1 dan masuk semifinal Liga Champions.

Sayang kariernya di Etihad Stadium kurang berjalan mulus. Dia terkena cedera ligamen lutut dan baru melakoni lima laga.

6 dari 6 halaman

Virgil van Dijk

Virgil van Dijk. (Twitter)

Liverpool sebenarnya sudah mengajukan 60 juta pound bagi Van Dijk musim panas lalu. Namun, Southampton menolak karena tidak suka agresivitas The Reds. The Saints bahkan melaporkan Liverpool ke otoritas Liga Inggris.

Manuver ini membuat Liverpool, dan peminat Van Dijk lain yakni Chelsea dan Manchester City, mundur. Meski begitu, The Reds tetap menjaga ketertarikan.

Mereka kembali mengajukan proposal, kali ini lebih tinggi, untuk bursa transfer Januari. Southampton pun menerima karena mendapat dana ekstra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • John Stones adalah seorang bek tengah teremahal di dunia setelah Manchester City menebusnya dengan harga sebesar 47.5 juta poundsterling
    John Stones adalah seorang bek tengah teremahal di dunia setelah Manchester City menebusnya dengan harga sebesar 47.5 juta poundsterling

    John Stones

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Kyle Walker adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain di klub Tottenham Hotspur sebagai pemain bek kanan.
    Kyle Walker adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang bermain di klub Tottenham Hotspur sebagai pemain bek kanan.

    Kyle Walker

  • Virgil Van Dijk

  • Benjamin Mendy

  • David Luiz