Sukses

CEO AC Milan Pernah Jadi Wasit Keempat

CEO AC Milan, Marco Fassone, menjadi wasit keempat Derby della Madonnina 17 tahun silam.

Jakarta - AC Milan akan menjamu Inter Milan di San Siro pada laga perempat final Coppa Italia 2017-2018, Rabu (27/12/2017). Duel tersebut akan menghadirkan kenangan tersendiri untuk CEO I Rossoneri, Marco Fassone.

Baca Juga

  • AC Milan Siapkan Roberto Mancini Pelatih Musim Depan?
  • Legenda AC Milan Resmi Jabat Presiden Liberia
  • Inter Milan Dominasi Derby sejak 2012

Derby Della Madonnina sudah lama tidak tersaji pada ajang Coppa Italia. Kali terakhir dua raksasa Kota Milan saling berhadapan pada ajang tersebut adalah pada perempat final musim 1999-2000.

Terdapat cerita unik di balik pertandingan yang berlangsung pada Januari 2000 tersebut. Marco Fassone yang kini menjadi CEO AC Milan rupanya ambil bagian pada partai itu. Bukan sebagai pelatih atau direksi klub, melainkan wasit keempat.

Saat itu, Fassone masih bekerja untuk Ferrero Grup setelah lulus dari University of Turin. Selain itu, Fassone menjadi wasit keempat disela waktu senggangnya.

Karier Fassone melesat drastis setelah pertandingan tersebut. Pada 2001, dia menjabat sebagai direktur pengembangan di perusahaan keju, Galbani.

 

A post shared by Italian Football TV (@iftvofficial) on

Dua tahun berselang, pria asli Turin itu ditunjuk menjadi Direktur Pemasaran Juventus. Fassone bertahan tujuh tahun bersama I Bianconero sebelum pindah ke Napoli untuk menjadi General Manager.

Fassone pindah ke Inter Milan pada 2012 dan menjadi Direktur Klub di bawah Erick Thohir. Pria berusia 53 tahun itu mengundurkan diri pada 2015 karena berselisih dengan pemilik saham mayoritas I Nerazzurri.

Fassone menjadi bagian dari era baru AC Milan sejak diakuisisi oleh Rossoneri Sport Investment Lux. Dia menjabat sebagai CEO Milan menggantikan Adriano Galliani.

Bersama Il Diavolo Rosso, Marco Fassone membuat gebrakan dengan mengeluarkan dana 189,5 juta euro (Rp 3,06 triliun). Jumlah tersebut membuat Fassone menjadi CEO dengan pengeluaran terbesar pada bursa transfer sepanjang sejarah AC Milan.

Sumber: Italian Football TV

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.