MotoGP: Gardner Vs Doohan Mirip dengan Rossi Vs Lorenzo

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 25 Des 2017, 12:40 WIB
Diperbarui 25 Des 2017, 12:40 WIB
Mick Doohan, MotoGP
Perbesar
Wayne Gardner menilai persaingannya dengan Mick Doohan mirip dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di MotoGP. (Wikipedia)

Liputan6.com, Sydney - Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sempat menjadi contoh dua pembalap MotoGP dengan rivalitas tinggi meski memperkuat tim yang sama. Ternyata, keduanya bukan pasangan duet pertama yang bersaing secara intensif seperti itu.

Kolaborasi Lorenzo dan Rossi dimulai pada MotoGP 2008. Itu saat Lorenzo memulai debutnya di kelas utama. Dan kolaborasi mereka disebut sebagai yang terkuat di eranya. Sayang, hubungan Rossi dan Lorenzo terbilang tak harmonis.

Seperti diketahui, sebagai sesama pejuang gelar dunia MotoGP, hubungan Lorenzo dan Rossi tidak akur. Ia kerap berada di bawah bayang-bayang The Doctor meski sedang tampil bagus.

Bahkan, pada periode pertama kolaborasi mereka (2008-2010), Yamaha sampai membangun sebuah tembok untuk memisahkan garasi kedua pembalap. Rossi sempat pergi ke Ducati hingga kembali pada musim 2013. Namun, hubungannya dengan Lorenzo tak kunjung membaik.

Faktanya, perseteruan keduanya semakin meruncing pada MotoGP 2015. Itu karena keduanya sama-sama bersaing untuk mendapatkan takhta juara dunia. Saat itu, sukses Lorenzo memenangi gelar juara dunia dianggap tidak layak.

 

2 dari 3 halaman

Tetap Saling Hormat

Remy dan Wayne Gardner (Motorsport)

Wayne Gardner yang menjadi juara dunia kelas 500cc pada musim 1987 itu pun melihat perseteruan Rossi dan Rossi mirip dengan dirinya dan Mick Doohan. Kebetulan, keduanya sama-sama berasal dari Australia.

"Mungkin sama seperti Vale dan Jorge. Ketika dua pembalap yang sangat cepat berada di tim yang sama, suasana selalu tegang karena mengejar tujuan yang sama. Namun, semuanya baik-baik saja di antara kita," kata Gardner, dilansir Tuttomotoriweb.

"Selalu ada rasa hormat yang besar, tentu ada ketegangan, tapi berkali-kali hal itu juga karena media. Saya benci segalanya, semuanya digunakan untuk memantik api di antara kita. Mick tiba dalam olahraga ini sebagai fans saya," ia menambahkan.

Petualangan keduanya sebagai rekan setim di Honda dimulai sejak musim 1989 hingga 1992 saat Gardner pensiun. Doohan sendiri akhirnya mampu merajai persaingan dengan menjadi juara dunia musim 1994-1998.

 

3 dari 3 halaman

Gardner dan Data Diri

Nama: Wayne Michael Gardner

Kelahiran: 11 Oktober 1959, Wollongong, New South Wales, Australia

Kebangsaan: Australia

Masa aktif: 1983-1992

Statistik: 100 balapan, 18 menang, 51 podium, 19 pole, 19 fastest lap, 1.074 poin

Juara dunia: 500cc 1987

Lanjutkan Membaca ↓