Sukses

Spanyol Berpeluang Segrup dengan Brasil atau Argentina

Spanyol antusias menanti undian Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Moskow - Timnas Spanyol bersiap mendapat rival berat pada Piala Dunia 2018. Mereka kemungkinan besar satu grup dengan Brasil atau Argentina.

Nasib Timnas Spanyol pada turnamen utama ditentukan pada undian yang berlangsung di Istana Kremlin, Moskow, Jumat (1/12/2017).

Berada di pot 2, La Furia Roja dalam posisi kurang menguntungkan. Terlebih karena tersebarnya tim Eropa di setiap pot. Patut diingat, UEFA maksimal hanya bisa diwakili dua tim dalam satu grup.

Di sisi lain, tiga wakil Conmebol yakni Peru, Kolombia, dan Uruguay berada di pot sama seperti Spanyol. Ketiganya tidak mungkin dipasangkan dengan Brasil dan Argentina. Artinya, kesempatan Sergio Ramos dan kawan-kawan masuk kelompok dengan dua kekuatan utama Amerika Selatan itu semakin terbuka.

Berdasar kalkulasi Marca, peluang Spanyol satu grup dengan Brasil sebesar 20,8 persen. Sementara prospek La Furia Roja satu grup bersama Argentina mencapai 20,7 persen.

"Hitungan matematis itu hanya bahan media untuk berspekulasi. Saya tidak memikirkannya dan siap menghadapi siapa saja," ungkap pelatih Timnas Spanyol, Julen Lopetegui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bencana 2014

Spanyol tidak akan terlalu memikirkan hal ini jika hanya perlu memikirkan Brasil atau Argentina saja. Masalahnya, mereka juga perlu memikirkan rival dari pot 3 dan 4.

Nama-nama yang perlu dipikirkan adalah Denmark, Islandia, Swedia, dan Mesir di pot 3. Sedangkan Serbia dan Nigeria hadir di pot 4.

La Furia Roja perlu memikirkan ini jika tidak mau bencana 2014 terulang. Masuk grup berat bersama Belanda dan Cile, mereka gagal mempertahankan gelar dan mengepak kopor lebih cepat.

Spanyol lolos ke Piala Dunia 2018 sebagai juara grup G. (AFP/Jose Jordan)

3 dari 3 halaman

Distribusi Pot

Pot 1

Rusia, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, Prancis

Pot 2

Spanyol, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia, Peru

Pot 3

Denmark, Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, Iran

Pot 4

Nigeria, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan, Arab Saudi, Australia, Serbia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.