Barito Putera Siap Bantu Tristan Alif ke Spanyol

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 22 Nov 2017, 07:00 WIB
Barito Putera, Tirstan Alif

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman berjanji bakal membantu pesepakbola cilik asal Indonesia, Tristan Alif Naufal. Anak berusia 12 tahun itu masih kesulitan menimba ilmu sepak bola di Eropa.

Akhir tahun 2016, Tristan Alif sebenarnya punya kesepakatan bergabung dengan klub Spanyol, Leganes. Namun, perjanjian itu dibatalkan. Tristan yang dijuluki "Messi Indonesia" harus berlapang dada gagal menembus akademi Leganes karena terbentur persyaratan FIFA.

Regulasi FIFA yang tertuang dalam Artikel 19 menyatakan, pesepak bola berusia di bawah 17 tahun harus didampingi oleh pihak keluarga saat bergabung dengan klub luar negeri.

Tristan Alif masih menginjak usia 12 tahun. Orangtua pesepak bola tersebut wajib mendampingi si anak, termasuk bekerja secara profesional di negara yang dituju.

"Saya sangat respek dengan kemampuannya. Kami tidak mencari pemain bintang, tapi mencetak," kata Hasnuryadi di Office Eight, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

"Saya ingin berkontrobusi dengan membantu Alif biar bisa sekolah di Spanyol," ujar pengusaha berusia 42 tahun tersebut.

 

2 of 2

Tawaran dari Eropa

Sementara itu, pendamping Tristan sekaligus agen pemain bola ternama di Indonesia, Mully Munial mengatakan, Tristan mendapat banyak tawaran dari klub Eropa.

"Jujur saja, Alif mau ditampung klub Inggris dan Spanyol, jadi dia harus dibantu," katanya.

"Kalau di Spanyol ada klubnya di Catalonia, tapi kita masih menunggu. Soalnya, di sana kan masih ada konflik (referendum)," ujar Mully menambahkan.

Pekan lalu, Tristan yang gagal bergabung ke Leganes sempat mengikuti Liga TopSkor U-13. Dia memperkuat salah satu akademi sepak bola Bogor, Kabomania.

Lanjutkan Membaca ↓