Sukses

Bonek Kejar Pelaku Pengeroyokan dan Penjarahan Pegawai GBLA

Pentolan Bonek Mania membantah para pelaku merupakan pendukung Persebaya.

Liputan6.com, Bandung - Pihak kepolisian terus mengejar pelaku pengeroyokan terhadap petugas Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Bonekmania, yang merupakan pendukung setia Persebaya Surabaya juga ikut ambil bagian karena merasa terpojok akibat peristiwa memalukan itu. 

Pengeroyokan terjadi saat Persebaya Surabaya berhadapan dengan PSIS Semarang, Rabu (15/11/2017). Insiden bermula saat korban, Endas Sutisna (28), berniat menyalakan lampu panel di Tribune Timur Pintu J dan menegur beberapa Bonek karena menghalangi panel.

Namun, tindakannya itu membuat pelaku marah. Mereka kemudian mengeroyok pelaku hingga babak belur dan menjarah barang bawaannya. Akibat peristiwa tersebut, Endas harus mendapat perawatan di Rumah Sakit Al Islam, Kota Bandung, karena bocor di kepala. 

Pihak kepolisian segera memburu para pelaku. Wakapolrestabes Bandung, AKBP Gatot Sujono sebelumnya mengatakan telah mengamankan satu orang untuk dimintai keterangan.

Sementara itu, pentolan Bonek Mania PO Dadang Kosasih membantah pelaku adalah anggotanya. Menurutnya, mereka hanya memanfaatkan nama besar pendukung Persebaya. 

"Saya tegaskan lagi, itu bukan dari Bonek yang melakukan," ujar Dadang, Jum'at, 16 November 2017.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bonek Bantu Cari Pelaku

Dia juga mengatakan, saat ini Bonek akan membantu mencari pelaku tersebut, dan akan menindak tegas pelaku. "Kita akan menindak tegas siapa pun pelakunya, kalau perlu akan kita tindak secara hukum," kata Dadang.

Dadang juga menilai, tindakan ini sangat merugikan Bonek Mania, yang saat ini tengah memperbaiki namanya untuk dapat mengubah sikap dari yang terdahulu. "Bonek saat ini tengah berjuang untuk berubah. Namun, ada yang merusak, ini sangat disayangkan sekali." 

Pak Po menegaskan, pelaku-pelaku itu hanya mengenakan atribut Bonek, tapi mereka bukanlah dari Bonek Mania.

 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

Persebaya sendiri masih terus berjuang untuk lolos dari babak 8 besar Liga 2. Selanjutnya, Bajol Ijo bersiap menghadapi PSPS Riau di Stadion GBLA, Sabtu (18/11/2017).

 

Jadwal lanjutan Babak 8 Besar Liga 2 2017, Grup Y :

Sabtu (18/11/17) - Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

Persebaya Surabaya vs PSPS Riau, pukul 15.00 WIB.

PS Mojokerto Putra vs PSIS Semarang, pukul 18.30 WIB.

Kamis (21/11/17) - Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung

PS Mojokerto Putra vs Persebaya Surabaya, pukul 15.00 WIB.

(Dimas Angga P)

Kamis (21/11/17) - Stadion Si Jalak Harupat, Soreang

PSIS Semarang vs PSPS Riau, pukul; 15.00 WIB(Dimas Angga P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.