MotoGP Inggris Gunakan Sirkuit Silverstone hingga 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 12 Nov 2017, 03:34 WIB
Diperbarui 12 Nov 2017, 03:34 WIB
Sirkuit Silverstone
Perbesar
Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, mengonfirmasi Sirkuit Silverstone tetap akan menjadi tuan rumah MotoGP Inggris untuk tiga tahun ke depan. (dok. MotoGP)

London - Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, mengonfirmasi Sirkuit Silverstone akan tetap menjadi tuan rumah MotoGP Inggris hingga 2020. Pada musim depan, Sirkuit Silverstone bakal menggelar balapan MotoGP pada 24-26 Agustus.

Sirkuit Silverstone sebelumnya diragukan bakal menggelar MotoGP 2018. Namun, penghentian kerja sama dengan Circuit of Wales membuat MotoGP Inggris tetap akan digelar di sirkuit dengan panjang lintasan 5,8 km itu hingga tiga tahun ke depan.

"Dorna Sports dengan bangga mengumumkan Sirkuit Silverstone akan terus menjadi tuan rumah MotoGP seri Inggris untuk tiga tahun ke depan," bunyi pernyataan Dorna seperti dikutip di situs resmi MotoGP, Minggu (12/11/2017).

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, senang pihaknya bisa terus menggelar balapan MotoGP di Sirkuit Silverstone. Ezpeleta berharap dengan adanya balapan di sana bisa memberikan inspirasi generasi muda Inggris untuk menjadi pebalap masa depan.

"Silverstone merupakan sirkuit yang menjadi ikon Inggris, jadi kami terkesan bisa melanjutkan balapan di trek ini. Inggris menjadi pasar penting untuk Dorna dan harus tetap ada di kalender MotoGP," ucap Ezpeleta.

"Terutama dengan diperkenalkannya British Talent Cup tahun depan, kami berharap akan menginspirasi generasi muda yang bertalenta dari Inggris. Kami juga berharap bisa memberikan para penggemar lebih banyak aksi-aksi selama akhir pekan di MotoGP Inggris," ujar pria asal Spanyol itu.

Hal senada juga diungkapkan Managing Director Sirkuit Silverstone, Stuart Pringle. Ia mengaku merasa terhormat Sirkuit Silverstone bisa terus menggelar balapan motor bergengsi di dunia tersebut.

"Banyak waktu dan uang telah diinvestaskan dalam beberapa tahun terakhir untuk memastikan penggemar MotoGP, tim, dan pebalap bisa menikmati balapan. Balapan roda dua merupakan warisan dari Silverstone dan sama pentingnya dengan balapan roda empat. Kami senang bisa mendapatkan kontrak hingga 2020," ucap Pringle.

Sirkuit Silverstone pertama kali menggelar balapan motor seri Inggris pada 1977. Namun, pada 1987, balapan sempat dipindah ke Sirkuit Donington. Silverstone kembali menggelar balapan kelas primer pada 2010 dan sampai saat ini Valentino Rossi tercatat menjadi pebalap tersukses di sana dengan delapan kemenangan di MotoGP.