Sukses

Panitia Asian Games Temukan Kendala di Lapangan Tenis

Rembesan air muncul di lapangan tenis Bukit Asam Jakabaring, Palembang, dalam kejuaraan uji coba Asian Games 2018 pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia kejuaraan uji coba Asian Games 2018 cabang tenis menemukan kendala di lapangan tenis Bukit Asam Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan. Ini menyusul adanya rembesan air ketika para atlet bertanding pada Kamis (9/11/2017).

"Salah satu tujuan penyelenggaraan kejuaraan uji coba adalah untuk menguji kesiapan arena. Ini pekerjaan rumah kami untuk mempersiapkan lapangan sebaik mungkin sebelum pertandingan Asian Games 2018," kata Manajer Kompetisi Tenis Asian Games 2018 Susan Soebakti di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Jumat (10/11/2017).

Rembesan air itu muncul saat pertandingan antara petenis unggulan lima asal Jawa Tengah Iswandaru Kusumo Putro dan petenis DKI Jakarta Yoga Argisyahputra di lapangan utama tenis Bukit Asam Jakabaring Palembang.

"Rembesan air muncul di sekitar area servis sepanjang garis belakang," kata Iswandaru yang melaju ke putaran perempat final dengan kemenangan 6-4, 6-2.

Selain di lapangan utama, rembesan air juga sempat muncul di pagar pembatas belakang lapangan empat. Permukaan lapangan empat pun tampak menggelembung di sekitar baseline.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan

Dalam kejuaraan uji coba Asian Games 2018 bertajuk Kejuaraan Nasional 2017 itu, seluruh petenis putri yang menempati posisi unggulan melaju ke laga perempat final.

Mereka adalah Fitriana Sabrina asal DKI Jakarta, Fitriani Sabatini asal DKI Jakarta, Shevita Aulana asal Jawa Barat, dan Oxi Gravitasi Putri asal DKI Jakarta.

Kemudian, atlet Jawa Barat Novela Rheza, petenis DKI Jakarta Deria Nur Haliza, petenis Bali Ni Putu Armini, dan atlet Jawa Barat Nadya Aulia.

Pada pertandingan tunggal putra, atlet-atlet yang lolos putaran ke perempat final adalah Arief Rahman asal Kalimantan Timur, Panji Untung Setiawan asal Nusa Tenggara Barat, Iqbal Bilal Saputra asal Kalimantan Timur, dan M Rifqy Fitriadi asal Jawa Timur.

Empat atlet tunggal putra lain adalah Iswandaru, atlet Jawa Timur Ari Fahresi, petenis Bangka Belitung M Rezky Nugraha, dan petenis DKI Jakarta Hendrawan Susanto.

3 dari 3 halaman

40 Cabang

Wakil Deputy 1 INASGOC Djoko Pramono mengatakan test event tenis ini merupakan bagian dari uji coba masing-masing cabang olahraga yang bakal dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018.

"Ada 40 cabang olahraga yang bakal menggelar test event hingga awal Desember nanti, karena menggunakan anggaran 2017. Jadi harus selesai akhir tahun ini," ujar Djoko.

Adapun yang diuji coba, tambah Djoko, adalah kesiapan panitia penyelenggara termasuk perangkat pertandingan lokal. "Jadi kami membolehkan induk organisasi cabang yang bersangkutan untuk menggelar Kejuaraan Nasional," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.