Sukses

Dukung Persebaya, Bonek Diminta Tertib di Perjalanan

Seringkali Bonek Mania kurang tertib dan sedikit yang bisa dikoordinasi oleh korwil masing-masing

Liputan6.com, Surabaya - Pendukung setia Persebaya Surabaya atau Bonek Mania menyambut antusias babak 8 Besar Liga 2. Beberapa rencana telah mereka siapkan guna mendukung tim kesayangannya saat berlaga di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada 9 hingga 16 November 2017 mendatang.

Terkait rencana PT Kereta Api (KA) menyediakan 25 gerbong khusus untuk keberangkatan dari Stasiun Gubeng, Surabaya, Bonek Mania menilai langkah ini sangat efisien guna mengurangi tradisi estafet dari suporter Bajol Ijo.

"Ya pasti mau. Tapi saya rasa di awal babak 8 besar animo yang naik kereta akan kecil. Beda lagi kalo kita sudah masuk semifinal apalagi final, bisa-bisa 25 gerbong kereta luar biasa malah masih kurang," ujar salah satu suporter Persebaya, Didin Banjarsugihan.

Selain itu, menurut Didin inovasi yang diberikan PT KA ini dapat merubah Bonek lebih baik. Sebab, seringkali bonekmania kurang tertib dan sedikit yang bisa dikoordinasi oleh korwil masing-masing.

Sementara, salah satu perwakilan bonek dari tribun selatan, Sinyo, mengatakan jika adanya jatah 25 gerbong harus bisa lebih terkordinir. Maksudnya pembagiannya merata ke semua komunitas.

"Kalau emang dapat jatah dari PT KAI harus ada pembagian ke komunitas-komunitas bonek biar tidak rancuh," ujar Sinyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap Fasilitasi

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akhirnya menyanggupi keinginan Bonek Mania (Suporter Persebaya Surabaya). Mereka siap memfasilitasi keberangkatan Bonek dan Bonita dari Surabaya ke Bekasi untuk mendukung tim kebanggaan mereka di babak delapan besar Liga 2, pekan depan.

Rencananya, PT KAI akan memberangkatkan Bonek Mania melalui dua jenis kereta api. Yakni, KA Gaya Baru Malam Selatan dan KA Jayakarta Premium.

"Ya betul, kami akan fasilitasi keberangkatan mereka melalui dua kereta api itu. Kami berangkatkan dari Stasiun Gubeng sesuai dengan jadwal kereta tersebut," ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 8, Gatut Sutiyatmoko, saat dihubungi via seluler oleh Liputan6.com.

Pertandingan babak 8 besar Liga 2 untuk grup X bakal digelar di Cikarang. Pertandingan digelar pada 9,12 dan 15. Sedangkan untuk pertandingan grup Y pertandingan digelar pada 10, 13, 16.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup

Grup X

Persis Solo

PSMS Medan

Kalteng Putra

Matapura FC

Grup Y

PSIS Semarang

PSPS Riau

Persebaya Surabaya

PSMP Mojokerto Putro

 

(Dimas Angga P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.