Sukses

Terancam Dipecat, Montella Tetap Optimistis Latih AC Milan

AC Milan telah menelan lima kekalahan dalam 11 pertandingan di Liga Serie A Italia.

Liputan6.com, Athena - Vincenzo Montella menjawab spekulasi mengenai masa depannya sebagai pelatih AC Milan. Meski terancam dipecat, pria berusia 43 tahun itu tetap santai dan optimistis dirinya bakal mempertahankan posisinya.

Dikabarkan sebelumnya, AC Milan bakal memecat Montella bila gagal menang melawan AEK Athens dalam lanjutan Liga Europa, Jumat (3/11/2017) dini hari WIB, serta Sassuolo di Serie A Italia, 11 November nanti. Para petinggi klub kabarnya sudah mulai kehabisan kesabaran akibat lima kekalahan dalam 11 pertandingan di Serie A.

"Saya santai soal masa depan saya. Saya tidak tahu kenapa. Saya hanya fokus pada bagaimana meningkatkan dan membawa kebaikan untuk Milan," kata Montella dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan AEK Athens dalam lanjutan Liga Europa seperti dilansir Football Italia, Kamis (2/11/2017).

"Saya bukannya naif, saya tahu risiko profesi ini. Saya tahu klub mendukung saya, tapi saya juga tahu klub menginginkan hasil baik," kata dia lagi.

Hasil yang diraih AC Milan sejauh ini jauh dari kata memuaskan. Menghabiskan dana 230 juta euro untuk mendatangkan 11 pemain baru di bursa transfer musim panas lalu, I Rossoneri malah gagal untuk sekadar bersaing di posisi empat besar. Mereka terpuruk di peringkat delapan klasemen Serie A dengan 16 poin.

"Jangan lupakan bagaimana kesulitan AC Milan dalam empat atau lima tahun belakangan. Kendati begitu, klub tetap ingin membawa Milan kembali bersemarak. Kesulitan setelah adanya perubahan besar-besaran tentu saja lumrah. Kami menemui kesulitan lebih dari yang kami perkirakan, namun saya kira klub sedang mengatasinya dengan baik," papar Montella.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Liga Champions

Jika gagal menembus empat besar di Serie A, AC Milan masih berpeluang lolos Liga Champions musim depan. Dengan catatan, mereka mampu menjuara Liga Europa musim ini.

Namun, Montella menegaskan tidak mau menomorduakan Serie A. "Tugas kami adalah menghormati kedua turnamen tersebut. Kami ingin mengamankan tempat pertama di grup (Grup D), tapi juga masih ada kesempatan untuk merangkak naik di Serie A," ucapnya.

"Saya tetap yakin akan adanya perubahan. Saat ini klub-klub di atas kami memang melaju dengan sangat cepat, sementara kami sedikit lamban. Tapi itu tidak akan selalu seperti itu."

3 dari 3 halaman

Klasemen

Saat ini, AC Milan memimpin klasemen Grup D Liga Europa dengan 7 poin, unggul dua angka dari AEK Athens di peringkat dua. Diavolo bisa langsung mengamankan satu tiket ke babak selanjutnya jika mampu mengalahkan wakil Yunani itu.

Dengan komposisi pemain di timnya, Montella yakin Milan akan segera kembali ke jalur yang benar. “Kami memang butuh hasil baik. Mengontrol bola adalah model sepak bola saya. Saya kira banyak talenta di kubu kami. Jadi, saya sangat, sangat optimistis," imbuh mantan pelatih Sampdoria itu. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.