Sukses

Timnas Indonesia U-19 Vs Brunei: Uji Mental Garuda Nusantara

Kontra Brunei, menjadi ujian perdana Timnas Indonesia U-19 di kualifikasi Piala Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga kualifikasi Piala Asia U-19 2018 menghadapi Brunei Darussalam, di Paju National Football Center, Korea Selatan (31/10). Laga nanti boleh dibilang menjadi uji mental pasukan Indra Sjafri.

Garuda Nusantara, julukan Timnas Indonesia U-19, sebenarnya sudah dipastikan tampil di Piala Asia U-19 2018 mendatang. Hal itu karena status Indonesia sebagai tuan rumah.

Akan tetapi, laga kualifikasi terbilang penting buat mereka. Selain guna uji kemampuan, Indra Sjafri juga mengindikasikan bakal mengganti pemain yang tak maksimal. Kontra Brunei, menjadi ujian perdana Timnas Indonesia U-19. Di atas kertas, Indonesia jauh unggul dari lawannya itu.

Secara rekor pertemuan, Indonesia sudah enam kali bersua Brunei Darussalam pada level usia muda sejak 1974 lalu. Indonesia sukses rebut lima kemenangan dari sang calon lawan.

Apalagi, Garuda Nusantara punya beberapa bintang dalam skuat saat ini. Selain Egy Maulana, Hanis Saghara Putra bahkan dianggap Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) punya peluang untuk jadi penentu Indonesia. Apalagi, Hanis pada Piala AFF U-19 2017 lalu, ikut dalam pesta 8 gol Indonesia ke gawang Brunei lewat satu golnya.

"Kami sudah beradaptasi dengan suhu di Korsel. Semua pemain dalam kondisi baik dan siap menghadapi semua lawan di kualfikasi Piala Asia U-19 ini," ujar Pelatih Indra Sjafri.

Kendati begitu, meremehkan Brunei malah bisa jadi malapetaka buat Indonesia. Mereka punya beberapa nama yag wajib diwaspadai, seperti Nur Asyraffahmi Norsamri, Abdul Wadud Ramli, dan Abdul Mateen Said. Ketiganya terlibat dalam empat gol Brunei di Piala AFF U-18 2017 ini.

Terlebih, mereka pernah menang atas Timnas U-19 besutan Indra Sjafri di ajang Hassanal Bolkiah 2014 silam. Kala itu, Garuda Nusantara kala itu takluk 1-3 dari Brunei.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

- Indonesia tak terkalahkan dalam enam laga terakhir pada semua ajang, termasuk kemenangan 3-0 atas Thailand U-19 dalam laga uji coba di Bekasi.

- Indra Sjafri pernah bawa Indonesia lolos dari kualifikasi Piala Asia U-19 pada 2014 lalu.

- Indonesia sendiri bukan cuma menang secara rekor pertemuan, tapi impresif soal gol ke gawang Brunei dengan total 31 gol dari enam kali bersua.

- Egy Maualana Vikri dan Muhammad Rafli diprediksi bakal jadi momok. Keduanya menyumbag lima gol ke gawnag Brunei dalam pertemuan terakhir.

- Indonesia juga punya momen indah kala jupa Brunei. Mereka lolos dari lubang jarum dan melaju ke semifinal setelah dengan perkasa menggulung Brunei Darussalam delapan gol tanpa balas di Stadion Thuwnna, Rabu (13/09).

 

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Aqil Savik; Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Haris Nurhidayat, Samuel Simanjuntak; M. Iqbal, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara Putra, Feby Eka Putra.

Brunei Darussalam: Muhd Amirul Hakim; Muhammad Rahimin Abdul Ghani, Abdul Wadud Ramli, Muhammad Nazif Safwan, Muhammad Aminuddin; Muhammad Hani Farhan Azman, Muhammad Abdul Mateen, Aqil Danis Alam, Abdul Hariz Herman, Mohammad Azirul Ismad Aji.

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.