Sukses

3 Pilar Persija Ini Bakal Bikin Persib Kesulitan

Bicara soal rapor di musim ini, Persija sedikit lebih diunggulkan ketimbang Persib.

Liputan6.com, Jakarta - Duel besar bakal tersaji saat Persija Jakarta bertemu Persib Bandung, Jumat (3/11/2017). Meski venue hingga kini belum bisa dipastikan, atmosfer jelang laga tersebut sudah mulai memanas.

Saat ini, Persija memiliki modal yang lebih bagus dari Persib. Itu karena mereka punya rapor yang lebih baik ketimbang tim Maung Bandung. Mereka berpeluang menembus empat besar meski saat ini masih tertahan di urutan enam.

Dari 32 pertandingan, sudah 55 poin diraih tim besutan Stefano 'Teco' Cugurra tersebut. Dalam delapan laga terakhir, Persija mampu mengukir lima kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kali kalah.

Berbeda dengan Persib yang baru memutus tren buruk delapan laga tanpa kemenangan usai membungkam Mitra Kukar 3-1. Jika tak ingin kembali terpuruk, Persib jelas harus fokus 100 persen dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Setidaknya, ada tiga pemain yang punya kontribusi besar di balik rapor positif Persija belakangan ini. Berikut adalah tiga pemain Persija yang harus diwaspadai Persib versi Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bambang Pamungkas

Performa pemain yang akrab disapa Bepe tersebut sempat diragukan publik. Itu karena ia begitu lama menunggu untuk mencetak gol perdananya di musim ini. Tercatat, ia baru bisa mengukir gol perdananya saat melawan Bali United, 15 September 2017.

Meski minim gol, pelatih Teco terus memberikan kepercayaan. Bepe pun membayar kepercayaan itu dengan aksi mengesankan dalam dua laga terakhir. Total, ia membukukan tiga gol yang membantu Persija meraup poin penuh dalam dua laga.

Bambang Pamungkas. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aksi pertama pemain berusia 37 tahun itu diperlihatkan saat menjamu Semen Padang. Kemenangan 2-0 tercipta berkat dua gol mantan striker timnas Indonesia itu. Lalu, ia menjadi penentu kemenangan 2-1 atas Borneo FC lewat gol di menit ke-82.

Total sudah lima gol yang dibukukan Bepe di musim ini. Motivasinya tentu berlipat saat Persija menghadapi Persib. Apalagi, ia adalah salah satu pemain yang sudah cukup berpengalaman dalam laga bertajuk El Clasico itu.

3 dari 4 halaman

2. Rohit Chand

Chand adalah nyawa dalam permainan lapangan tengah Persija. Perannya begitu besar nyaris di setiap laga. Itu mengapa hingga kini Teco sudah memainkannya dalam 27 pertandingan.

Bertugas sebagai gelandang bertahan, pemain asal Nepal itu dinilai telah menjalankan tugasnya dengan baik. Buktinya, ia tercatat sebagai pemain di urutan keempat dalam jumlah tekel bersih terbanyak di Liga 1.

Gelandang Persija, Rohit Chand (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dari 27 laga itu, ia mampu melakukan 79 tekel bersih. Ia hanya kalah dari duo Bali United, Taufiq dan I Made Andhika Pradana Wijaya, plus pemain PSM Makassar, Marc Anthony Klok.

Tak hanya itu, Chand juga bisa menjadi pemecah kebuntuan. Hingga kini, gelandang berusia 25 tahun itu sudah mengemas tiga gol dan empat assist.

4 dari 4 halaman

3. Andritany Ardhiyasa

Meski baru saja digeser Muhammad Ridho dalam daftar kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak, kehebatan Andritany tetap tak bisa diabaikan. Ia adalah kunci sukses Persija menjadi tim dengan pertahanan terbaik sejauh ini.

Andritany Ardhiyasa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Buktinya, baru 23 gol yang bersarang di gawang Persiba. Dan Andritany hanya absen sekali menjaga gawang Persija. Hingga kini, sudah 90 penyelamatan yang dilakukan kiper utama timnas Indonesia itu.

Apalagi, Andritany adalah salah satu pemain yang sudah cukup sering tampil dalam laga melawan Persib. Andritany pula yang menjadi faktor utama mengapa enam duel terakhir kedua tim hanya berakhir dengan imbang, empat di antaranya dengan skor 0-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.