Mengintip Isi Paddock Iannone dan Rins di MotoGP Malaysia

Oleh Defri Saefullah pada 29 Okt 2017, 08:36 WIB
Diperbarui 29 Okt 2017, 08:36 WIB
Paddock Suzuki Ecstar
Perbesar
Andrea Iannone dan Alex Rins masing-masing disiapkan dua buah motor untuk bertarung di MotoGP (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - MotoGP menjadi salah satu olahraga paling favorit di dunia selain sepak bola dan basket. Balap motor dunia ini begitu digemari karena banyak hal baru dan kejutan yang kerap muncul di setiap pembalap beraksi.

Kegemaran fans terhadap MotoGP membuat segala hal tetap pembalap idola jadi perlu diketahui. Salah satu yang membuat penasaran tentu isi dalam paddock tim MotoGP.

Liputan6.com beserta wartawan Indonesia lainnya berkesempatan untuk melihat langsung isi paddock tim Suzuki Ecstar yang jadi andalan Andrea Iannone dan Alex Rins di Sirkuit Sepang. Paddock ini bersebelahan dengan Ducati Corse yang ada di sebelah kanannya.

Tak sembarang orang bisa kunjungi paddock tim MotoGP. Ini karena data-data yang ada di dalam paddock tak boleh tersebar ke luar. "Foto-foto boleh tapi jangan ambil video," kata koordinator tim Suzuki Ecstar, Mitia Dotta, Jumat (27/10/2017).

Saat itu, paddock sedang kosong karena Iannone dan Rins baru saja jalani latihan bebas pertama (FP1). Jeda cukup panjang membuat kedua pembalap istirahat di ruang yang disediakan penyelenggara MotoGP Malaysia.

2W Public Relation PT Suzuki Indomobil Sales, Zulfikar Al Ghany yang memimpin rombongan wartawan pun membenarkan jika momen mengintip paddock tim Suzuki Ecstar cukup langka. Lobi yang dilakukan perwakilan Suzuki Indonesia bisa membuat wartawan diizinkan untuk mendokumentasikan paddock tim.

"Ini momen yang sulit didapatkan karena tahun lalu kita dilarang masuk. Jadi ini hari bahagia buat kita semua," kata pemimpin rombongan di Suzuki Media Tour MotoGP Sepang 2017 ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Isi Paddock

Paddock Suzuki Ecstar
Perbesar
Dua buah televisi yang berisi data-data dan juga aksi pembalap akan terlihat saat berada di lintasan Sirkuit Sepang (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Lalu apa isi paddock Suzuki Ecstar? Yang pasti, Iannone dan Rins sama-sama disiapkan dua buah motor. Jadi ada empat motor yang terparkir di dalam paddock.

Tak ada pemisah antara ruang paddock Iannone dan Rins, meski keduanya punya kru dan mekanik berbeda. Lalu disudut ruangan, ada satu pc dan dua laptop yang berisi data-data performa Iannone atau Rins.

Selain itu, ada juga dua perangkat televisi yang mempertontonkan aksi pembalap di lintasan. Setiap kejadian yang dialami pembalap akan terlihat di televisi itu.

Ada satu PC dan dua laptop yang mencatat data performa pembalap Suzuki Ecstar di MotoGP Malaysia (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Tentu saja, peralatan-peralatan motor juga bertebaran di area paddock seperti kunci, pelumas dan peralatan pembuka part-part motor yang harus diganti atau disetel.

Motor akan langsung diperiksa usai pembalap menyelesaikan lomba atau latihan bebas (Liputan6.com/Defri Saefullah)

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya