Sukses

Fairing Anyar Bikin Suzuki Lebih Cepat di MotoGP Malaysia

Suzuki Ecstar terus bidik hasil bagus di MotoGP Malaysia yang bakal berlangsung, Minggu (29/10/2017)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Tim Suzuki Ecstar menunjukkan tren positif di MotoGP 2017 jelang seri-seri akhir. Di dua seri sebelumnya, Andrea Iannone nyaris podium dengan torehan posisi empat di MotoGP Jepang dan keenam di MotoGP Australia.

Sedangkan di MotoGP Malaysia, Suzuki pun terus menunjukkan performa meningkat. Meski sempat kesulitan di latihan bebas pertama, tapi Andrea Iannone dan Alex Rins terus perbaiki catatan waktu.

Pada latihan bebas keempat, Rins bahkan sempat rebut posisi ketiga tercepat. Di sesi kualifikasi, Sabtu (28/10/2017), Rins akhirnya bakal start di posisi ke-8, sedangkan Iannone posisi ke-9.

Pencapaian hasil kualifikasi Team Suzuki Ecstar dinilai cukup baik dan menunjukkan kemajuan yang positif. Rins mampu mempersingkat catatan waktu sampai dengan 1 menit 59,992, sehingga berhak start pada posisi ke-8 esok hari. Begitu pula dengan Iannone yang berada diurutan ke-9 dengan catatan waktu 2 menit 00.119.

Selisih perolehan waktu sesi kualifikasi keduanya amat sangat tipis, menunjukan potensi Suzuki GSX-RR yang kencang dan konsisten, ditunjang dengan skill pebalap yang sama-sama hebat. Perolehan waktu tersebut banyak dipengaruhi oleh faktor latihan serius yang dilakukan pada hari sebelumnya, Jumat (27/10/2017), dimana Davide Brivio, General Manager Team Suzuki Ecstar MotoGP menyiapkan strategi bagi Iannone dan Rins untuk melakukan latihan dengan dua konsentrasi yang berbeda.

Pertama, Iannone dan Rins melakukan putaran latihan terbaik menggunakan motor Suzuki GSX-RR tanpa menggunakan fairing baru yang mana sudah digunakan sejak di seri Jepang dan Australia. Brivio ingin melihat bagaimana GSX-RR tanpa fairing baru tersebut dapat menaklukan sirkuit Sepang yang identik dengan tipe sirkuit panjang dan berkecepatan tinggi.

Rencana konsentrasi kedua difokuskan kepada penggunaan Suzuki GSX-RR yang telah dilengkapi dengan desain fairing terbaru yang terbukti memberikan kemajuan hasil di 2 seri sebelumnya. Desain fairing baru tersebut memberikan keuntungan pada peningkatan traksi ban depan berkat aliran angin yang lebih lancar dan pengurangan daya angkat ban saat melakukan akselerasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yakin Lebih Baik

Kedua pembalap disebut sudah yakin dengan fairing baru. Fans dan tim Suzuki Ecstar bakal menunggu dengan berdebar aksi duo pembalap dengan GSX-RR yang gunakan 'senjata' baru.

“Semakin banyak seri yang dilalui, semakin bagus hasil yang dicapai. Seluruh anggota tim dan kedua pebalap juga berjuang keras memberikan yang terbaik agar bisa tampil maksimal dan menarik untuk ditonton. Saya lihat Iannone semakin nyaman dengan Suzuki GSX-RR, dan Rins pun semakin banyak pengalaman dan lebih percaya diri untuk bergerak ke barisan terdepan. Semoga mereka dapat memperoleh hasil lebih baik pada Race day besok," kata Brivio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.