Sukses

Begini Perasaan Pembalap Berdarah Indonesia Saat Debut MotoGP

Michael Van der Mark akhirnya debut di MotoGP Malaysia.

Jakarta Michael Van der Mark telah melakoni debutnya di ajang MotoGP saat mengikuti latihan bebas di Sirkuit Sepang, Malaysia, Jumat (27/10/2017). Pembalap Superbike ini menggantikan posisi Jonas Folger di tim Yamaha Tech 3. 

Pembalap yang mengaku berdarah Indonesia ini menempati posisi ke-19 pada dua sesi latihan bebas MotoGP Malaysia. Pembalap berpaspor Belanda tersebut mengaku masih canggung menunggangi motor MotoGP yang memiliki banyak perbedaan dengan Superbike.

"Untuk hari pertama, ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Namun, saya masih harus menyesuaikan beberapa hal terutama masalah pengereman," ujar Van der Mark dikutip dari Motorsport, Jumat (27/10/2017).

"Sistem pengereman di MotoGP sangat kuat dan sulit untuk mencari batas dari titik pengereman. Saya akan fokus untuk menyelesaikan masalah ini," sambungnya.

Van der Mark sempat dua kali gagal menjalani debut di MotoGP. Pebalap berusia 25 tahun sebelumnya pernah mendapat kesempatan untuk menggantikan posisi Karel Abraham pada balapan MotoGP Belanda 2015.

Namun, Van der Mark gagal menggantikan posisi Abraham karena terganjal masalah kontrak. Kesempatan kedua datang pada balapan MotoGP Aragon 2017, saat itu Van der Mark ditunjuk untuk menggantikan posisi Valentino Rossi yang kembali berujung dengan kekecewaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.