Sukses

5 Bintang Liga Inggris yang Bisa Bikin Barcelona Sempurna

Bintang-bintang Liga Inggris ini dianggap memiliki kemampuan yang dibutuhkan Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Belakangan ini, Barcelona telah mengalami sejumlah perubahan dalam gaya bermain. Hal ini menuntut mereka untuk lebih memperkuat tim dengan mendatangkan beberapa pemain berkelas pada bursa transfer musim dingin mendatang.

Memang, sudah bukan rahasia umum lagi Barcelona saat ini tengah mencari gelandang anyar. Hal ini untuk menggantikan dan menyeimbangkan peran Andres Iniesta yang sudah termakan usia.

Kini bersama pelatih Ernesto Valverde, permainan Barcelona mulai kembali hidup setelah sempat kesulitan pada masa Luis Enrique. Namun, mereka tetap wajib mendatangkan minimal satu pemain bintang untuk kian menyempurnakan skuat.

Berbagai nama pun mencuat seiring spekulasi-spekulasi di media. Mereka umumnya bintang-bintang berkelas yang punya harga jual tinggi.

Namun, ada lima pemain bintang Liga Inggris yang bisa direkrut. Mereka diprediksi bisa bikin Barcelona kian sempurna, berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Christian Eriksen (Tottenham Hotspur)

Seluruh musim panas Barcelona kemarin sangat dekat dengan Philippe Coutinho. Namun, merea tidak pernah mendapatkan incarannya itu yang justru dipertanyakan kemampuannya untuk bantu tim lebih jauh.

Christian Eriksen  (AFP/Lindsey Parnaby)

Justru Barca harus alihkan pandangannya ke Christian Eriksen. Pemain berusia 25 tahun itu menciptakan lebih banyak peluang dari siapa pun di Liga Inggris musim lalu, yakni sebanyak 112 peluang dibandingkan 103 dari Kevin De Bruyne dan 100 dari Mesut Ozil.

Gaya bermainnya yang cepat dan mudah menempatkan posisi sangat ideal untuk tim seperti Barcelona. Satu-satunya hal yang akan menghalangi Barcelona adalah ketua Spurs Daniel Levy yang bisa dibilang negosiator terberat di bursa transfer.

 

3 dari 6 halaman

4. Hector Bellerin (Arsenal)

Barcelona tidak pernah benar-benar bisa menggantikan Dani Alves sejak kepergiannya sebelum musim lalu. Mereka telah memainkan pemain-pemain, seperti Sergi Roberto, Aleix Vidal dan, yang terakhir, Nelson Semedo.

Alves memang yang terbaik di posisinya kehilangannya sangat berpengaruh buat Barca. Lionel Messi yang biasa dapat back-up bagus musim ini dipaksa kembali memainkan peran false 9.

https://cdn0-a.production.images.static6.com/nVAq95Rt8EL_YKV0RWGdrKNU1oc=/673x373/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1225154/original/051493300_1462486059-467223144.jpg

Alhasil, serangan Barcelona terfokus di tengah. Hanya 10% serangan kanan musim ini meski mayoritas permainannya ada di kanan. Hector Bellerin bisa jadi jawaban semua itu.

Permainannya yang mampu menyisir dan buka ruang dari sebelah kanan mirip-mirip Alves. Kecepatannya itu menjadi nilai plus.

Pemain asli Catalonia itu memang telah dikaitkan dalam dua jendela terakhir dengan Barca. Mungkin hanya masalah waktu sebelum pemain berusia 22 tahun itu kembali ke klub masa kecilnya itu.

 

4 dari 6 halaman

3. Hugo Lloris (Tottenham Hotspur)

Jika Barcelona menginginkan kiper kuat plus insting kirim bola diagonal langsung ke depan, maka Hugo Lloris adalah yang ideal. Pemain Prancis itu telah tampil konsisten di Tottenham Hotspur sejak kepindahannya ke Liga Inggris pada 2012.

Hugo Lloris (GABRIEL BOUYS / AFP)

Yang membedakan Lloris dari sejumlah kiper lainnya adalah apa yang dia lakukan dengan kakinya. Sebagian besar bek enggan untuk mengembalikan bola ke kiper saat mendapat tekanan. Namun bek tengah Spurs Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen tidak memiliki masalah mengingat Lloris sangat tenang dan kembali mengembalikan bola ke permainan yang tengah terbuka.

Kemampuannya pada bola di bawah tekanan akan membuat Barcelona kian matang dalam menjaga kepemilikan dan kembali alurkan bola. Distribusi Lloris telah menjadi kunci serangan Pochettino mulai dari belakang dan dia bahkan memiliki beberapa assist musim lalu.

 

5 dari 6 halaman

2. Virgil van Dijk (Southampton)

Saga transfer lainnya di musim panas 2017 melibatkan bek Belanda Virgil van Dijk dengan sejumlah klub Liga Primer. Namun, dia akhirnya tetap bertahan di Southampton dan tinggal tunggu waktu saja untuk pergi.

Tapi mengapa begitu banyak klub yang menginginkannya? Dia hebat di udara, membaca permainan dengan baik untuk membuat interceptions penting dan jarang kehilangan fokusnya di lapangan.

Virgil van Dijk (AFP/Glyn Kirk)

Barcelona akan sangat terbantu andai merekrutnya. Pertama, dia sangat bagus dalam memainkan bola, rata-rata akurasi umpanya mencapai 80 persen. Meski bertubuh tinggi, Van Dijk bisa membawa bola keluar dari pertahanan dan maju ke depan.

Bagi tim seperti Barcelona yang sekarang berkembang pada penguasaan bola, Van Dijk adalah kandidat yang ideal. Dia berusia 26 dan masih memiliki beberapa tahun untuk benar-benar mencapai puncaknya.

 

6 dari 6 halaman

1. Leroy Sane (Manchester City)

Dengan Messi kini berperan sebagai false 9, Luis Suarez telah beralih ke kiri, atau bukan posisi idealnya. Sementara sayap kanan diperebutkan antara Ousmane Dembele dan Gerard Deulofeu.

Leroy Sane bisa menjadi tambahan yang mengerikan dalam serangan El Barca. Baru berumur 21 tahun, Sane sudah terlihat seperti pemain paling vita, Manchester City.

Leory Sane (AFP/Oli Scarff)

Dia membuat bek lawan bermasalah dari sebelah kiri dengan kecepatan, tipu daya dan dribbling yang luar biasa. Patut diingat, Sane jarang membuang peluang mencetak gol.

Buktinya, Sane telah mencetak lima gol dari enam tembakan tepat sasaran di semua kompetisi Man City musim ini. Kemampuannya untuk bergerak tanpa bola dan menyelinap melewati garis offside tanpa disadari juga merupakan atribut kunci.

Dia telah menunjukkan seberapa efektif di sebelah kiri bermain bersama Kevin De Bruyne dan David Silva. Bayangkan betapa jauh lebih mematikan dia saat bermain bersama tim yang fokus utamanya adalah menghentikan Messi?

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.