Sukses

Start Terdepan MotoGP Jepang, Motivasi Zarco Berlipat

Itu menjadi pole position kedua Zarco di MotoGP 2017.

Liputan6.com, Motegi - Hasil memukau sekaligus mengejutkan diukir Johann Zarco pada kualifikasi MotoGP Jepang 2017 di Twin Ring Motegi, Sabtu (14/10/2017). Pembalap Yamaha Tech 3 itu sukses merebut pole position.

Ya, tak ada yang menduga Zarco yang akan berkuasa pada kualifikasi MotoGP Jepang 2017. Pasalnya, rapor pembalap Prancis itu sepanjang latihan bebas (FP) tak begitu mengesankan. Ia duduk di urutan keenam FP1, posisi kelima FP2, posisi kedelapan FP3, dan posisi keenam FP4.

Namun, hal itu tak mempengaruhi penampilan Zarco di kualifikasi. Cuaca buruk di Motegi pun mampu ditaklukkannya. Ia sukses mengambil keuntungan dari risiko yang diambil Marc Marquez saat memakai ban slick di paruh kedua kualifikasi.

Ketika lintasan mulai mengering, Marquez memang nyaris mengejarnya dengan mencatat waktu 1 menit 53,903 detik. Namun, Zarco mampu bertahan dengan keunggulan 0,434 detik atas pembalap Repsol Honda tersebut.

"Ketika saya memulainya dengan ban lunak, perasaan tidak buruk, tapi ada sesuatu yang hilang. Saya mencoba ban slick, tapi saya tidak siap untuk bertarung. Ini adalah emosi yang bagus. Pole kedua di musim rookie saya, bagus untuk motivasi," kata Zarco, dilansir Crash.

Memang cukup mengejutkan bahwa Zarco mampu menaklukkan Marquez pada kualifikasi MotoGP Jepang. Namun, bukan hanya Zarco, pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci juga tampil mengesankan.

Petrucci hanya tertinggal 0,318 detik dari Zarco. Ia pun menjadi pembalap Ducati dengan hasil terbaik di sesi kualifikasi. Sementara pembalap tim pabrikan, Jorge Lorenzo, menempati urutan kelima dan Andrea Dovizioso di posisi kesembilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.