Sukses

Takluk dari Timnas Indonesia U-19, Thailand Tak Cari Alasan

Sejatinya, Thailand sendiri sudah mampu menahan gempuran timnas Indonesia U-19

Liputan6.com, Jakarta Thailand gagal mengulang kesuksesan kala mengalahkan Timnas Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF U-18 2017. Kali ini, mereka harus menyerah 0-3 pada laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu malam (8/10/2017).

Sebelumnya, pelatih Marc Alavedra Palacios memang sempat membawa Thailand menyingkirkan timnas Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF. Saat itu, kedua tim bermain imbang di waktu normal. Pada adu penalti, tim Negeri Gajah Putih menang 3-2.

Pada laga uji ini, giliran Thailand yang bertekuk lutut dihadapan timnas U-19. Skuat Garuda Nusantara menghajar Thailand tiga gol tanpa balas lewat gol Witan Sulaeman di menit ke-44, Syahrian Abimanyu ke-80, dan Saddil Ramdani ke-89.

"Pertama-tama, selamat buat Indonesia dan suporter mereka yang sudah mendukung serta atas kemenangannya. Suasanya pertandingan tadi cukup bagus. Permainan Indonesia memang bagus. Ini sepak bola, bisa saja terjadi kesalahan," kata Palacios usai laga.

Sejatinya, Thailand sendiri sudah mampu menahan gempuran timnas Indonesia U-19 di babak pertama. Sayang, kesalahan kiper Suthipong Pisansub justru mengawali petaka mereka. Saat itu, ia melakukan kesalahan saat akan menangkap bola di dekat garis kotak penalti. Kesalahan itu dimanfaatkan Witan untuk mencetak gol.

"Tapi ini hanya uji coba, jadi tidak masalah. Di babak kedua, kami melakukan banyak pergantian. Meski kurang bagus, tapi kami harus mencoba memainkan sebagai persiapan menuju kualifikasi Piala Asia U-18," jelas Palacios.

Thailand sendiri akan mengawali petualangan mereka di kualifikasi Piala Asia U-18 2018 pada November 2017. Mereka tergabung di Grup I bersama Jepang, Singapura, dan Mongolia. (Nabila Muniva)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.