Sukses

Banyak Pembalap Cedera di Luar Lintasan MotoGP, Aturan Diperketat

Jack Miller, Rossi, Alex Rins, hingga Vinales pernah cedera di luar lintasan MotoGP.

Liputan6.com, Aragon - Setiap tim peserta MotoGP tidak bisa berbuat banyak saat pembalapnya mengambil keputusan menyewa sirkuit untuk berlatih di lintasan tanah. Jack Miller adalah kasus terbaru dari seorang pembalap MotoGP yang mengalami kecelakaan saat berlatih di pegunungan Andorra dengan Maverick Vinales, Alex Rins dan Fabio Quartararo.

Dari hasil pemeriksaan menyebut bahwa Miller mengalami cedera pada bagian kaki kanannya. Akibatnya pembalap Marc VDS Honda itu terpaksa absen di Grand Prix Jepang pada 15 Oktober mendatang.

Lantas apakah ada kontrak tentang aktivitas yang melarang pembalap tampil di luar lintasan kuda besi MotoGP? Pertanyaan ini menggelitik penggemar untuk mengetahuinya, mengingat ada banyak hobi yang dilakukan pembalap.

Maverick Vinales misalnya. Pembalap Yamaha itu jarang terdengar menguji kemampuan di trek tanah. Dia lebih suka bersepeda untuk menjaga kebugaran fisiknya. Valentino Rossi juga menyukai motocross.

Bahkan Vinales sempat meminta izin kepada tim Yamaha untuk tampil di Quebrantahuesos. Namun, Pabrikan Jepang tidak memberikan kesempatan pembalapnya untuk tampil mengayuh sepeda.

"Kontrak kami mengatakan bahwa pembalap harus meminta izin kepada kami jika mereka akan melakukan aktivitas. Sudahkah kami melarang pembalap untuk melakukan sesuatu? Ya. Balapan sepeda misalnya, bagi saya lebih berbahaya dibanding balapan MotoGP," ungkap Direktur Yamaha Lin Jarvis seperti dikutip dari Motorsport, Kamis (5/10/2017). (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.