IMI Genjot Wisata dan Kualitas Balapan di Indonesia

Oleh Defri Saefullah pada 04 Okt 2017, 23:30 WIB
Diperbarui 04 Okt 2017, 23:30 WIB
Sadikin Aksa
Perbesar
Sadikin Aksa (Helmi Fithriansyah/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk Organisasi Olahraga & Wisata Otomotif di Tanah Air, akan mengoptimalkan aktivitas Wisata IMI dalam program kerja mendatang. Selain itu, IMI juga akan meningkatkan kualitas balapan baik roda dua maupun roda empat.

IMI juga ingin mendorong kampanye keselamatan berkendara (road safety) yang hingga saat ini masih menjadi salah satu faktor terpenting bagi masyarakat Indonesia. Apalagi sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan alat transportasi untuk kegiatan sehari-hari.

"Mulai saat ini, kami akan menggandeng seluruh IMI Provinsi beserta komunitas-komunitas otomotif mobil dan sepeda motor yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendorong sekaligus meningkatkan aktivitas yang memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai keselamatan berkendaraan (road safety), wisata atau touring, serta kegiatan-kegiatan sosial lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," kata Ketua IMI, Sadikin Aksa.

Untuk membahas hal ini, IMI menggelar Rapat Koordinasi Olahraga dan Wisata IMI 2017 yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu (4/10/2017). Kegiatan ini diadakan selama satu hari penuh dengan diikuti oleh perwakilan dari 34 IMI Provinsi dan 15 Anggota Asosiasi IMI dari seluruh Indonesia serta Komisi-komisi dari Olahraga IMI Pusat maupun Komisi Wisata IMI Pusat yang terdiri dari komisi Road Safety, komisi Wisata/Touring dan komisi Social Responsibility.

“Kami berkumpul bersama semua rekan-rekan dari seluruh Indonesia dengan maksud agar IMI dapat mensinergikan serta mengoptimalkan program kerja ‘Optimalization to Excellence with Changes, Communication, & Clear’ IMI di tahun 2018 mendatang secara khusus di bidang Olahraga dan Wisata IMI,” ujarnya.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sirkuit Permanen

Asia Road Racing Championship
Perbesar
Balap motor bebek atau underbone tak boleh lagi digelar di sirkuit Jalan Raya (Asia Road Racing Championship)

Salah satu upaya IMI untuk meningkatkan kualitas balapan yaitu dengan mewajibkan penggunaan sirkuit permanen untuk seluruh event balap nasional pada 2018. Ini untuk meningkatkan keselamatan buat pembalap maupun penonton balapan.

"Saat ini ada 30 sirkuit permanen di Indonesia. Berkaca kepada kejadian pembalap menabrak penonton, kami akan wajibkan balapan di sirkuit permanen. Ini lebih baik ketimbang balapan di jalan raya," kata Ketua Bidang Olahraga Sepeda Motor, Medya Saputra.

Selain itu, guna menunjang peningkatan kualitas dan kuantitas event Olahraga Otomotif di seluruh Indonesia, IMI juga menyelenggarakan Workshop IMI 2017 pada hari Kamis (5/10) di tempat yang sama, dengan tema “Sharing Perspectives” terutama bagi klub-klub penyelenggara Kejurnas IMI.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya