Sukses

Timnas Indonesia Vs Kamboja: PSSI Peringatkan Suporter

PSSI ingin laga timnas Indonesia melawan Kamboja bisa dinikmati secara aman dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Duel antara timnas Indonesia dan Kamboja di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (4/10/2017), hanya tinggal hitungan jam. Sebelum laga itu dihelat, PSSI terus memberikan peringatan untuk suporter.

PSSI trauma dengan kejadian kala laga uji coba antara timnas Indonesia dan Fiji, 2 September 2017. Duel kedua tim saat itu berakhir dengan skor kacamata. Ironisnya, antusiasme penonton saat itu harus ternoda akibat ulah pihak yang tak bertanggung jawab.

Tak lama setelah wasit Spartak Danilenko meniup peluit panjang, ada petasan yang meluncur dari tribun selatan ke arah tribun timur. Ternyata, petasan yang meluncur tersebut jatuh tepat di atas kepala korban.

Ironisnya, dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Mitra, Bekasi Barat, korban yang berusia 32 tahun asal Duren Sawit, Jakarta Timur, tersebut mengembuskan napas terakhirnya. Itu mengapa PSSI bakal melakukan penjagaan ketat untuk laga melawan Kamboja.

"Kami ingin isu keamanan dan kenyamanan menonton di stadion kita jaga bersama. Karena itu, kami juga berharap kesadaran dan kerja sama dari semua pihak. Kami ingin menciptakan suasa pertandingan yang nyaman disaksikan dan aman untuk semua," kata Head of Infrastructure, Safety and Security PSSI, Nugroho Setiawan.

Di akun Instagram, PSSI pun merilis gambar berupa barang-barang yang tak boleh dibawa saat timnas Indonesia berlaga. Di antaranya adalah petasan, bom asap, rokok, flare, dan korek. Bahkan, PSSI juga meminta kepada suporter untuk datang dua jam sebelum pertandingan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Kedatangan

Alasannya, akan dibutuhkan waktu lama bagi pihak keamanan untuk melakukan pemeriksaan terkait barang yang dibawa penonton. PSSI pun tak ingin terjadi penumpukan di pintu masuk jika penonton datang hanya sesaat sebelum laga digulir.

"Kami akan terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan hal ini. Tentu saja kami berharap bantuan dari pihak lain, seperti klub dan media. Yang tak kalah penting juga kesadaran dari para suporter. Intinya masalah keamanan tanggung jawab kita bersama," timpal Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

Untuk laga kali ini, timnas Indonesia U-19 yang akan lebih dulu berlaga melawan Kamboja U-19 pukul 18.30 WIB. Selanjutnya, penonton bisa menikmati aksi timnas senior melawan Kamboja pada pukul 21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.