Sukses

5 Bek Paling Subur Gol di Liga Inggris

Ada lima pemain belakang yang kerap mencetak gol di Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Tugas seorang bek sejatinya adalah untuk menghentikan penyerang lawan. Namun, di era modern seperti sekarang, tugas bek bahkan mulai jadi penentu kemenangan.

Perhatikan saja, tiap kali ada bola mati para bek maju ke depan. Mereka biasanya paling lihai dalam bola atas dan justru kerap membuat gol. Contohnya Sergio Ramos bersama Real Madrid.

Dia bahkan sudah mengemas 49 gol bersama El Real sejak 2005. Masih ingat gol Ramos pada final Liga Champions 2015-16 lawan Atletico Madrid di penghujung laga? Ya, gol itu membawa Real Madrid raih La Decima.

Lantas bagaimana di Liga Inggris? Deretan pemain di bawah ini tak kalah menggila meskipun menjadi bek.

Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Joleon Lescott

Lescott memulai kariernya bersama Wolverhampton Wanderers di Divisi Championship. Dia pindah ke Everton musim 2006/07 dan mencetak 14 gol di Liga Inggris dalam tiga musim.

Pada 2009, bek asli Inggris itu menandatangani kontrak untuk Manchester City dan membentuk kerja sama yang solid dengan kapten klub, Vincent Kompany. Namun demikian, dia mulai termakan usia dan akhirnya dilepas oleh City pada tahun 2014. 

Lescott membukukan 23 gol di Liga Inggris sejauh ini. Dia sekarang bermain untuk Sunderland di Championship yang terdegradasi di musim sebelumnya.

Laga: 286

Gol yang dicetak: 23

3 dari 6 halaman

Dan Petrescu

Bek asal Rumania ini sudah menjadi pemain top di Steaua Bucuresti sebelum pindah ke Italia. Petrescu menghabiskan dua musim di sana sebelum pindah ke Inggris setelah tampil pada Piala Dunia yang sukses.

Sheffield Wednesday merekrutnya dari Genoa. Setelah tampil mengesankan di Hillsborough selama satu musim, dia pindah ke Chelsea. Inilah puncak kariernya di Liga Inggris.

Petrescu kemudian bermain sebagai bek kiri untuk lima musim berikutnya dan mencetak 18 gol bagi Chelsea di Premier League. Petrescu kemudian memiliki musim yang sebentar di Bradford City dan Southampton.

Petrescu menyelesaikan karier di Liga Inggris sebagai salah satu bek kiri terbaik di zamannya. Dia juga dianggap sebagai pemain Rumania terbaik sepanjang masa bersama Gheorghe Hagi.

Laga: 215

Gol yang Dicetak: 24

4 dari 6 halaman

William Gallas

William Gallas adalah tipe bek yang diinginkan setiap klub saat masa jayanya. Setelah memulai kariernya di Prancis, dia menandatangani kontrak bersama Chelsea pada 2001.

Gallas menghabiskan lima musim bersama The Blues dan meraih dua gelar liga. Dia kemudian bergabung dengan Arsenal sebagai bagian dari kesepakatan yang membawa Ashley Cole ke Chelsea.

Dia kemudian menghabiskan empat musim bersama dan juga menjadi kapten selama setahun. Dia kemudian pindah ke Tottenham Hotspur, dan bermain dalam tiga musim.

Banyak kontroversi yang dilakukannya selama berada di Arsenal karena komentar pedasnya kepada rekan setimnya sendiri. Namun, semua ini tidak bisa menyangkal fakta bahwa dia adalah salah satu bek terbaik era Premier League.

Laga: 319

Gol yang Dicetak: 26

5 dari 6 halaman

Gary Cahill

Sebenarnya, Cahill tidak dianggap sebagai bek kelas dunia di Liga Inggris jika disejajarkan dengan Vidic, Ferdinand, atau Terry. Namun dia punya dua kemampuan besar, yakni membaca permainan lawan dan mencetak gol.

Dia memulai kariernya bersama Aston Villa dan memiliki musim pinjaman singkat dengan Burnley serta Sheffield United. Cahill kemudian bergabung dengan Bolton Wanderers dan merupakan pemain utama selama lima musim berturut-turut.

Penampilannya yang mengesankan membuatnya bisa pindah ke Chelsea. Bersama tim asal London itu, dia memenangi Liga Champions pada musim pertama.

Dia kemudian menjadi kapten tim Chelsea yang memenangkan gelar Liga 2016/17. Sekarang, Cahill masih bermain sebagai bek tengah reguler untuk Chelsea.

Laga: 322

Gol yang Dicetak: 27

6 dari 6 halaman

John Terry

John Terry dipastikan menjadi salah satu bek terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris. Dia punya aura kepemimpinan dan membuat pemain di sekelilingnya termotivasi.

Penampilannya di lapangan berbicara tentang permainan agresifnya. Penampilannya sebagai pesepak bola sangat lengkap, dan indikator yang paling mewah darinya adalah kemampuan mencetak golnya yang menakjubkan.

Dia mencetak 41 gol di Premier League. Dia baru saja meninggalkan Chelsea setelah menghabiskan 19 tahun di klub tersebut untuk bergabung dengan Aston Villa.

Laga: 492

Gol yang Dicetak: 41

 

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.
    John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.

    John Terry

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Gary Cahill