Sukses

5 Pemain Paling Loyal di Arsenal

Arsenal punya deretan pemain yang setia meski banyak kendala.

Liputan6.com, London - Dalam sepak bola modern loyalitas sepertinya cuma jadi kiasan saja. Arsenal beruntung karena pernah dan tengah diperkuat oleh pemain-pemain yang setia.

Banyak jalan terjal yang sebenarnya dilalui oleh Arsenal. Mereka sudah absen meraih gelar Liga Inggris sejak 2004 silam dan musim ini absen main di Liga Champions.

Tekanan fans juga begitu besar karena pergantian manajer urung dilakukan. Sejak tahun 1996, Arsene Wenger masih menjadi arsitek para pemain The Gunners.

Kendati begitu, semua hal tersebut kalah dengan satu kata, yakni loyalitas. Para pemain memilih bersama untuk coba bangkitkan memori invincibles 2004 lalu.

Namun tak sedikit pula pemain Arsenal yang haus gelar dan memutuskan untuk pergi. 

Lalu siapa sajakah pemain paling loyal di Arsenal? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Laurent Koscielny

Laurent Koscielny didatangkan oleh Wenger pada tahun 2010 dari tim Prancis, Tours seharga 8,5 juta pound sterling. Pemain Prancis itu dibawa untuk diduetkan dengan Thomas Vermaelen di belakang setelah Phillipe Senderos, William Gallas dan Mikael Silvestre cabut meninggalkan klub tersebut.

Sejak itu Koscielny telah membuat lebih dari 250 penampilan untuk klub London Utara dan telah menjadi wakil kapten tim. Koescielny juga baru tanda tangan kontrak baru yang akan menahannya di Arsenal hingga 2020.

Koscielny telah menyatakan bahwa Arsenal adalah bagian besar dari hidupnya. Raksasa Ligue 1, Marseille pernah mengajukan tawaran untuknya musim panas ini namun Koscielny sendiri menolak langkah tersebut.

Dia mengatakan berutang kesetiaannya kepada Arsene Wenger.

3 dari 6 halaman

Francis Coquelin

Pemain Prancis kedua dalam daftar ini, Coquelin menandatangani kontrak dengan Arsenal pada tahun 2008. Setelah melakukan debutnya untuk tim, gelandang bertahan itu dipinjamkan ke klub yang berbeda selama beberapa musim berikutnya untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain.

Sebagian besar penggemar Arsenal bingung saat mendengar pemain berusia 26 tahun itu baru saja memperbarui kontrak empat setengah tahun yang akan membuatnya tetap di klub sampai musim panas 2021. Bahkan gajinya naik dengan nilai 75 ribu pound sterling per minggu.

Menariknya, Coquelin baru mulai mengesankan bersama Arsenal selama beberapa musim terakhir, "Coquelin telah membuat langkah teknis yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir karena dia sangat fokus setiap hari," ucap Wenger.

4 dari 6 halaman

Jack Wilshere

Jack Wilshere merupakan produk asli Arsenal. Dia membuat debut seniornya di tahun 2008 dalam pertandingan Liga Inggris melawan Blackburn Rovers.

Dia menjadi debutan liga termuda yang pernah ada di Arsenal hanya dalam usia 16 tahun dan 256 hari. Gelandang asal Inggris itu menderita banyak cedera parah sehingga telah menghambat kariernya.

Wilshere menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Bournemouth. Baru-baru ini pemain berusia 25 tahun tampil kembali di Arsenal setelah pergi selama 493 hari dan bermain bagus.

Dia sebenarnya salah satu prospek muda yang paling menarik di Inggris. Mantan bos Inggris, Fabio Capello pernah mengatakan tentang Wilshere: "Ini tidak normal, terlalu muda dan sangat bagus."

Dia diharapkan dapat mempertahankan tingkat kebugarannya dan memperkuat tempatnya di starting line-up Wenger musim ini.

5 dari 6 halaman

Aaron Ramsey

Aaron Ramsey membuat debut kompetitifnya untuk Arsenal pada Agustus 2008 melawan FC Twente di babak kualifikasi ketiga Liga Champions. Pemain asal Wales itu memilih untuk menandatangani kontrak dengan Arsenal meski dikejar oleh banyak klub top Inggris karena pendekatan Wenger.

Dijuluki Rambo, Ramsey adalah pemain yang selalu memberikan 100 persen saat melangkah keluar ke lapangan. Selama kemenangan Arsenal ke-13 pada Piala FA kemarin, gelandang berusia 26 tahun itu menempuh jarak 14,4km, rata-rata satu kilometer setiap 6,25 menit.

Itu jelas sebuah rekor di final Piala FA. Belum lagi dia telah mencetak gol kemenangan final Piala FA untuk Arsenal dalam dua kesempatan. Wenger berencana memberi penghargaan kepada gelandang dengan kontrak baru pada akhir musim ini.

Bos Arsenal tersebut ingin mengikat Ramsey sebelum memasuki tahun terakhir kontraknya saat ini.

6 dari 6 halaman

Theo Walcott

Theo Walcott adalah sosok yang paling setia di Arsenal. Dia melakukan debut untuk The Gunners sebagai pemain muda pada hari pertama musim 2006-07 melawan Aston Villa.Mantan pemain timnas Inggris, Matt Le Tissier bahkan dengan yakin menyebut Walcott lebih baik dari Wayne Rooney.

Namun sejujurnya, karier Walcott tak terlalu apik sesuai yang diharapkan. Tapi pujian harus diberikan kepada pemain berusia 28 tahun yang telah mengumpulkan hampir 400 penampilan untuk Arsenal.

Hanya Patrick Vieira yang bermain lebih banyak di bawah Arsene Wenger (402). Pada bulan Februari 2017 Walcott menjadi pemain ke-18 yang mencetak 100 gol untuk Arsenal.

Walcott rata-rata memainkan minimal 15 laga Premier League untuk Arsenal sejak menandatangani kontrak di sana. Semua itu jelas merupakan bukti nyata kesetiaan Walcott bersama The Gunners.

(Indra Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.