Sukses

Format Piala AFF 2018 Berubah, Laga Kandang-Tandang di Grup

Pada turnamen sebelumnya, Piala AFF menggunakan format dua tuan rumah di fase grup.

Liputan6.com, Denpasar - Sekretaris Jenderal ASEAN Football Federation (AFF), Dato Sri Azzudin bin Ahmad‎ memastikan mekanisme baru pada Piala AFF 2018.

Kompetisi nantinya menggunakan dua grup yang masing-masing diisi lima tim. "Para peserta kemudian melakoni empat pertandingan, yakni dua kandang dan dua tandang," kata Azzudin di Nusa Dua, Bali, Sabtu (23/9/2017).

"Siapa lawan peserta saat berstatus home atau away, nanti ditentukan undian," sambungnya.

Sebanyak sembilan dengan peringkat tertinggi pasti masuk putaran grup Piala AFF. Sedangkan satu tempat tersisa diperebutkan Brunei Darussalam dan Timor Leste dalam play-off yang berlangsung September tahun depan.

"Play-off itu juga berlangsung dua leg. Sedangkan format semifinal dan final tidak berubah, yakni kandang dan tandang," jelasnya.

Meski terjadi perubahan format, Azzudin menjamin penyelenggaraan Piala AFF tidak akan memakan banyak waktu. "Hanya ada tambahan 8-10 hari saja dan turnamen akan selesai pada bulan Desember juga," ujar Azzudin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.