Sukses

3 Kiper Terbaik Dunia Versi FIFA 18

Manuel Neuer masih jadi kiper terbaik dunia pada tahun 2017 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Para penggemar gim sepak bola populer buatan EA Sports tengah menunggu-nunggu seri terbaru gim FIFA yang akan dirilis pada 29 September 2017. FIFA 18 akan menghadirkan sederet pesepak bola dunia dengan detail gambar sangat nyata mendekati sosok aslinya.

Jelang peluncuran FIFA 18, EA Sports juga telah merilis daftar 20 penjaga gawang terbaik dunia berdasarkan statistik penampilan mereka. Empat kiper Liga Inggris meramakain persaingan bersama pemain lain dari Bundesliga, Seria A, La Liga Spanyol, Ligue 1, dan Liga Primer Portugal.

Pembaca akan terkejut karena kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, tak masuk hitungan. Remaja 18 tahun tersebut terlempar dari 20 besar, kalah dengan Samir Handanovic (Inter Milan) dan Gianluigi Buffon (Juventus).

Sementara sweeper-keeper Bayern Munchen, Manuel Neuer, tetap jadi yang terbaik dalam ranking FIFA 18 meski dirinya tengah dibekap cedera berkepanjangan. Sepanjang tahun 2017 ini, dia sudah cedera dua kali.

Terbaru, Neuer harus menepi hingga Januari 2018 lantaran cedera di tulang telapak kaki kirinya. Masalah ini didapat kala juara Piala Dunia 2014 itu bergabung dengan sesi latihan Bayern Munchen, Senin (18/9/2017).

Cedera pemain 31 tahun tersebut jelas jadi pukulan telak untuk Die Roten karena dia baru saja kembali dari pemulihan cedera selama empat bulan. Sejak April hingga Agustus 2017, Neuer fokus pemulihan cedera tulang metatarsal.

Selain Neuer, ada sejumlah sosok penjaga gawang terbaik dunia yang masuk ranking FIFA 18. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Daily Star.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buffon

Gianluigi Buffon membuktikan dirinya masih pantas menjadi kiper utama klub dan timnas Italia di usia 38 tahun. Pemain ini ikut mengangkat trofi Scudetto musim lalu dan membawa Juve ke final Liga Champions.

Dari total 30 penampilannya di Serie A musim lalu, dia menciptakan 12 cleansheet. Sementara di pentas Liga Champions, Gigi--sapaan akrab kiper ini, mampu menjaga gawangnya tak kebobolan dalam delapan pertandingan dari total 12 laga yang dimainkan Bianconeri hingga final.

Buffon mengisyaratkan pensiun di musim ini dari klub. Sejumlah tawaran pekerjaan sudah masuk untuknya mulai dari FIFA sampai klub MLS.

3 dari 4 halaman

David de Gea

Manchester United (MU) memang gagal menembus menembus empat besar Liga Inggris musim lalu, tapi David de Gea bisa menikmati tiga gelar pada saat itu. De Gea ikut berperan dalam kesuksesan Setan Merah di ajang Community Shield, Piala Liga, hingga mengangkat trofi Liga Europa.

Pada musim 2016/2017, kiper timnas Spanyol itu berhasil membuat 14 cleansheet dalam 35 laga yang dimainkannya di Liga Inggris. Di ajang Liga Europa, Dea Gea hanya tampil tiga kali karena pemain pelapis Sergio Romero lebih dipercaya manajer Jose Mourinho.

4 dari 4 halaman

Manuel Neuer

Pada 19 Juli 2017, Bayern Munchen mengumumkan bahwa Neuer akan menjadi kapten Bayern setelah Philipp Lahm pensiun. Peran ini membuatnya jadi kapten ganda di tim nasional Jerman maupun level klub.

Namun tahun 2017 ini benar-benar tahun yang buruk bagi Neuer. Pria 31 tahun itu mengalami cedera serupa dengan akhir musim lalu. Setelah hampir pulih, dia kembali dihantam cedera patah kaki.

Neuer menderita cedera metatarsal di kaki kirinya yang mengakibatkan ia harus absen hingga Januari. Dengan absennya Neuer, FC Hollywood akan mengandalkan Sven Ulreich untuk mengawal gawang mereka dengan dilapis pemain muda Christian Fruchtl.

Meski demikian, kekuatan Bayern Munchen tak berubah dalam gim FIFA 18. Die Roten tetap dianggap salah satu tim papan atas di permainan FIFA 18.

Buktinya Manuel Neuer dan striker Robert Lewandowski mendapat poin 90 atau lebih. Seperti diketahui, hanya ada 11 pemain yang memiliki poin 90 atau lebih dalam seri gim FIFA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.