Wasit Indonesia Berlisensi FIFA Pimpin Laga Piala AFF U-18

Oleh Risa Kosasih pada 07 Sep 2017, 23:15 WIB
Diperbarui 09 Sep 2017, 23:13 WIB
Malaysia

Liputan6.com, Yangon - Wasit Indonesia berlisensi FIFA Dwi Purba Adi Wicaksana dan Thoriq Alkatiri sudah memulai tugasnya di Piala AFF U-18 2017. Keduanya bertugas sebagai pengadil lapangan dalam laga Singapura melawan Kamboja pada Senin (4/9) di Stadion Thuwanna, Yangon, Myanmar.

Dalam laga pembuka penyisihan Grup A Piala AFF U-18 tersebut, Dwi Purba didapuk sebagai wasit utama. Dia dibantu oleh asisten wasit 1 Somphavanh Louang Lath (Laos) dan asisten wasit 2 Syamsudar Bangbang.

Syamsudar merupakan satu dari lima asisten wasit berlisensi FIFA asal Indonesia. Sementara wasit terbaik Indonesia Super League (ISL) musim 2014, Thoriq M. Alkatiri dalam pertandingan Singapura vs Kamboja ini mendapat tugas sebagai wasit keempat.

"Belum tahu sampai kapan di sini (Piala AFF). Kalau Indonesia lolos ya pulang," ucap Thoriq kepada Liputan6.com.

Pada pertandingan kedua Grup A antara Kamboja melawan Timor Leste, giliran Thoriq yang jadi wasit utamanya. Laga ini berakhir seri 1-1 setelah pemain Lourenco Xemenes mencetak gol penyeimbang lewat sundulan di menit ke-58

"Saya tidak bisa banyak berkomentar karena kami punya kode etik perwasitan," katanya lagi.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup B Piala AFF U-18 bersama Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina. Skuat Garuda berpeluang melaju ke semifinal setelah menang 9-0 atas Filipina di matchday kedua AFF ini.