Atlet Nasional Ramaikan Rhino X Triathlon Tanjung Lesung

Oleh Defri Saefullah pada 05 Sep 2017, 23:45 WIB
Diperbarui 05 Sep 2017, 23:45 WIB
Rhino X Triathlon
Perbesar
Ajang Rhino X Triathlon resmi dilaunching Menpar Arief Yahya (tengah) (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten sudah siap menggelang ajang cross triathlon pertama di Indonesia bertajuk Rhino X Thriathlon. Ajang ini akan dihelat pada 22-24 September 2017 di sekitar area wisata Tanjung Lesung.

Ajang ini mendapatkan perhatian luas baik dari atlet nasional, luar negeri maupun masyarakat umum. Atlet nasional mountain bike atau sepeda gunung, Kusmawati Yazid mengaku cukup penasaran dengan persaingan di Rhino X Triathlon yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini.

"Belum tahu bagaimana persaingan di lomba nanti. Sepertinya atlet dari luar negeri juga turut meramaikan event ini. Rhino X Triathlon ini memberi sesuatu yang berbeda dibandingkan triathlon biasa," katanya.

Kusmawati sendiri akan tampil Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM). Ini sesuai dengan keahliannya selama ini yaitu di ajang balap sepeda gunung.

"Pengennya saya ikut renang dan lari tapi tidak bisa. Ajang ini akan jadi pemanasan buat saya sebelum balap enduro di Bali nanti," ucapnya, menambahkan.

Rhino X Triathlon sendiri resmi dilaunching oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada Selasa (5/9/2017). Ajang ini dibuka langsung oleh Kemenpar Arief Yahya, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Pandeglang, Irna Narulita.



Arief Yahya mengatakan, Tanjung Lesung menjadi lokasi wisata yang potensial di Banten. Presiden Jokowi pun setuju untuk membangun jalur tol dari Serang ke Panimbangan sejauh 83 km untuk mempercepat jarak tempuh. Saat ini, perjalanan dari Jakarta menuju Tanjung Lesung memakan waktu sekitar 4 sampai 5 jam.

"Kalau ingin jadi tempat wisata kelas dunia, jarak tempuh tak boleh lebih dari dua jam. Rhino X Triathlon ini bisa jadi awal untuk lebih memperkenalkan Tanjung Lesung kepada wisatawan lokal maupun luar negeri," katanya.
2 dari 2 halaman

Rincian Lomba

Rhino X Triathlon
Perbesar
Founder & GM Asia Trail Master dan atlet lari, Kris Van de apresiasi Rhino X Triathlon (istimewa)

Selain Rhino X Triathlon, Festival Tanjung Lesung juga akan dimeriahkan oleh Sunset Trail Run dan Mountain Bike Cross Country Marathon.

Tak ketinggalan, Pemerintah Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang juga menggelar festival budaya seperti Festival Bebegig (orang-orangan sawah) dan Kolecer (kincir angin), bazaar kuliner khas Banten, pameran 7 Wonders of Banten serta Pandeglang 10K.

"Perhelatan ini begitu istimewa dan strategis dalam mengenalkan tidak hanya pesona keindahan alam dan budaya tanah Banten yang memesona dan kaya ragamnya, namun juga olahraga cross triathlon bagi masyarakat Indonesia dan mancanegara," kata Direktur Utama PT. Banten West Java, pengelola kawasan Tanjung Lesung, Poernomo Siswoprasetijo.

Rhino X-Triathlon terbagi dalam dua kategori yaitu Rhino dan Bull yang dibedakan berdasarkan jarak lomba. Di kategori Rhino yan terdiri dari 2 sub kategori yaitu Individu yang terbagi dalam kelas Open (Untuk peserta berumur 20-39 tahun) dan Master (Untuk peserta berumur 40 tahun keatas) serta Team Relay melombakan nomor-nomor berupa 1000 meter renang, 20 kilometer balap sepeda dan 10 kilometer balap lari lintas alam.

Sementara untuk kategori Bull hanya terbagi dalam satu kategori yaitu Individu dengan 2 sub kategori yaitu Open dan Master. Kompetisi terbagi menjadi 500 meter renang, 10 kilometer balap sepeda dan 5 kilometer balap lari lintas alam. Di kelas relay, para atlit olahraga di tiga cabang itu dapat bekerjasama dalam sebuah tim untuk menjalani lomba dimana peserta dalam satu tim terdiri dari dua hingga tiga orang.

“Rhino X-Triathlon adalah ajang yang luar biasa. Kami mengajak masyarakat, khususnya penggemar olahraga berenang, sepeda dan lari untuk ikut berpartisipasi dan menjadi bagian dari sejarah," kataEvent Director Rhino X-Tri, Tense Manalu.

Lanjutkan Membaca ↓