Sukses

Tim Gowes Pesona Nusantara Sampai di Wonosobo

Tim Gowes Pesona Nusantara makin mendekat ke etape terakhir di Magelang yang digelar 9 September nanti.

Liputan6.com, Wonosobo - Tim Gowes Pesona Nusantara (GPN), rombongan yang terdiri dari atlet balap sepeda sudah sampai di Wonosobo pada Sabtu (2/8/2017). Berpusat di Alun-alun Wonosobo, tak kurang 2.000 pesepeda ikut meramaikan aksi tim GPN yang akan beranjak menuju Purworejo.

Sejak start dari titik 0 km Sabang, tim GPN sudah menempuh sekitar 4.750 km hingga Wonosobo. Setelah itu tambah lagi 30 km menuju Purworejo. Selama perjalanan, tim GPN membawa misi program Kemenpora melalui tajuk "Ayo Olahraga".

"Perhelatan Gowes Pesona Nusantara ini bagian penting dari program Kemenpora dalam payung "Ayo Olaraga" dimana perhelatan ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan kegiatan berolahraga melalui sepeda, yang tidak hanya murah dari segi ekonomi namun juga dari sisi fisik membuat tubuh menjadi sehat dan bugar," kata Asisten Deputi III Kemenpora Bidang Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO, Teguh Raharjo seperti rilis yang diterima media.

Pelepasan tim GPN menuju Purworejo dan lanjut menyambangi Kulon Progo  dilakukan secara langsung oleh Teguh Raharjo, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, Wakil Bupati, Agus Subagiyo, serta Ketua KONI Wonosobo, H.Bambang Laras Nyoto yang dimulai dengan tarian tradisional Wonosobo, yaitu Lengger Jangkrik Genggong serta senam Gowes Pesona Nusantara.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kemenpora yang telah memberikan kesempatan bagi Kabupaten Wonosobo untuk menyelenggarakan Gowes Pesona Nusantara. Kami selaku pemerintah daerah Wonosobo menyambut gembira dan mendukung program ini karena memberikan manfaat dan motivasi bagi masyarakat Wonosobo untuk terus bergaya hidup sehat," kata Eko Purnomo.



Dia menambahkan melalui program ini nantinya bisa berkolaborasi dengan rencana Kemenpora untuk menyelenggarakan Hari Bersepeda Nasional sebagai wujud keseriusan pemerintah pusat dalam memupuk nilai-nilai olahraga dalam bersepeda, yaitu ekonomis, kesehatan dan ramah lingkungan.

"Program ini mendukung kegiatan yang sudah dicanangkan pemerintah Kabupaten Wonosobo dan dilaksanakan oleh masyarakat, yaitu berolahraga dengan bersepeda. Tentunya wacana Hari Bersepeda Nasional akan menjadi momentum besar bagi perkembangan olahraga, khususnya sepeda, dengan tujuan mencapai aspek ekonomis, kesehatan dan ramah lingkungan," tutur Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.