Sukses

Jatim Pertahankan Gelar Juara Umum Kejurnas Panjang Tebing

Jatim meraih 10 medali emas, empat perak, dan 10 perunggu dalam Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur XII di Taman Silo, Sawahlunto, Sumbar.

Liputan6.com, Sawahlunto - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Timur mempertahankan gelar juara umum dalam Kejuaran Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kelompok Umur XII di Taman Silo, Sawahlunto, Sumatra Barat. Tidak hanya itu, mereka juga memperpanjang tradisi juara selama enam kali berturut-turut sejak 2012.

FPTI Jatim memastikan jadi juara umum setelah pada hari terakhir Kejurnas Panjat Tebing, Selasa (29/8/2017,) merebut emas di kategori Boulder nomor perseorangan Youth A Putri lewat Kharisma Ragil Rakasiwi. Dia mengalahkan Zulfatul Mulki dari Kalimantan Timur yang memperoleh medali perak. Sementara rekan setimnya, Khairul Umi, mendapat perunggu.

Kharisma menggenapi perolehan medali emas FPTI Jatim menjadi 10 keping. Sementara medali perak empat buah dan medali perunggu sebanyak 10 buah.

Sukses mempertahankan gelar juara bagi FPTI Jawa Timur bukan sebuah kebetulan. Mereka mengirim 17 atlet dengan persiapan matang. Para pengurus membina secara teratur di level kelompok umur maupun di level senior.

"Pembinaan. Kami di Pengprov maupun di Pengkab melakukan pembinaan terus menerus terhadap atlet-atlet kami. Kami juga selalu punya target di setiap nomor yang dipertandingkan," kata Fery Ferdinan, Manajer Tim FPTI Jatim.

Sementara itu, peringkat kedua ditempati FPTI Kalimantan Timur dengan perolehan tiga medali emas, tujuh medali perak, dan lima medali perunggu. Prestasi FPTI Kaltim ini mengulang tahun sebelumnya di mana mereka juga menduduki peringkat kedua.

Di peringkat ketiga, FPTI Daerah Istimewa Yogyakarta menggeser FPTI Jawa Tengah di peringkat tiga Kejurnas Panjang Tebing. Tampil hanya dengan tiga atlet, mereka menjadi kuda hitam dan mendulang tiga medali emas dan tiga medali perak.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.