Sukses

Gagal Jebol Timnas Indonesia U-22, Striker Vietnam Panen Hujatan

Timnas Vietnam hanya mampu bermain imbang 0-0 lawan Timnas Indonesia U-22.

Liputan6.com, Jakarta Kegagalan memetik poin penuh saat bertemu Timnas Indonesia U-22, Rabu (22/8/2017) ternyata sangat menyakitkan bagi publik Vietnam. Selain kepada wasit yang bertugas, kemarahan para pendukung timnas Vietnam juga menyasar pemain melalui media sosial. 

Ho Tuan Tai, salah satu pemain Timnas Vietnam, menjadi bulan-bulanan warganet. Halaman Facebook-nya dipenuhi hujatan oleh para pendukung Timnas Vietnam.

Seperti dilansir news.zing, sebagian bahkan menyamakannya dengan pelaku kriminal. 

Para pendukung Timnas Vietnam marah karena Ho Tuan Tai dianggap telah menyia-nyiakan peluang untuk mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia U-22. Apalagi dia tinggal berhadapan dengan kiper Kartika Kurniawa Ajie di masa injury time. Namun tendangan kerasnya masih mampu ditepis oleh Kartika Ajie yang masuk sebagai kiper pengganti. 

Namun, hujatan terhadap Tuan Tai coba diredam oleh sejumlah pendukung timnas Vietnam lainnya. Salah seorang suporter bernama Nguyen Ngoc Huyen mencoba memberikan sudut pandang yang berbeda mengenai perjuangan timnas Vietnam di atas lapangan. Dia menganggap bahwa para pemain telah berjuang mati-matian saat bertemu Indonesia. 

"Bermain buruk, terjatuh, cedera, kalian semua penuh warna karena warna baju kalian. Terima kasih untuk tidak takut akan rasa sakit, tidak takut cedera, dan kebersamaan akan membantu kita membawa kejayaan kepada tanah leluhur," ujarnya meredakan suasana. 

Selain para pemain, kemarahan fans Vietnam tentu saja mengarah kepada wasit Omar Al-Yaquobi. Keputusan pengadil lapangan asal Oman itu dianggap telah merugikan timnya. Salah satunya adalah tidak memberikan penalti kepada Vietnam di masa injury time.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampil Mendominasi

Tim sepak bola Vietnam memang harusnya bisa memastikan satu tempat di babak semifinal SEA Games 20117 bila berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-22 di Stadion Selayang, Malaysia. Namun apa daya, Vietnam yang memimpin Grup B hanya bermain imbang 0-0. 

Vietnam sebenarnya mampu menguasai jalannya laga. Bahkan sejak menit ke-64, timnas Indonesia U-22 harus bermain dengan 10 pemain. Wasit Omar Mubarak Mazaroua memberi kartu kuning kedua kepada Hanif Sjahbandi akibat menyikut pemain Vietnam. 

Unggul jumlah pemain, Vietnam semakin mendominasi jalannya pertandingan. Gempuran ke gawang Timnas Indonesia U-22 juga semakin menjadi-jadi. Pada menit ke-86, Vietnam melalui Quang Hai melakukan penetrasi ke area penalti Timnas Indonesia U-22. Namun dia gagal mencetak gol akibat ditekel pemain belakang Indonesia, Muhammad Rezaldi. 

Meski demikian, wasit tidak menunjuk titik putih. Omar menilai tidak terjadi pelanggaran. Keputusan ini tentu saja memicu kemarahan fans Vietnam. Mereka ramai-ramai menghujat wasit asal Oman tersebut. Vietnam kembali mendapat peluang emas pada masa injury time lewat Tuan Tai. Namun tendangannya ditepis Kartika Ajie dan laga berakhir imbang 0-0. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.