Sukses

Pelatih Malaysia: Timnas Indonesia U-22 Jauh Lebih Baik

Timnas Indonesia U-22 akan menjalani laga vital melawan Vietnam.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Meski harus sibuk mendampingi Malaysia di Grup A sepak bola SEA Games 2017, pelatih Ong Kim Swee tetap mengikuti persaingan di Grup B, termasuk timnas Indonesia U-22. Pelatih berusia 46 tahun itu pun memberikan pujian kepada Indonesia.

Kebetulan, Malaysia bulan lalu sempat bertemu dengan timnas Indonesia U-22. Pertemuan itu terjadi pada laga perdana Grup H kualifikasi Piala Asia U-23 2018 di National Stadium, 19 Juli 2017.

Malaysia yang tampil sebagai pemenang di laga tersebut. Mereka meraih tiga poin berkat kemenangan 3-0 berkat gol Syafiq Ahmad di menit keempat, Jafri Firdaus Chew ke-20, dan Thanabalan Nadarajah ke-30.

Kekalahan itu menjadi salah satu penyebab timnas Indonesia U-22 gagal ke putaran final Piala Asia 2018. Berbeda dengan Malaysia yang lolos sebagai juara Grup H. Namun, kegagalan tersebut sudah dijadikan sebagai pelajaran.

Kim Swee pun mengakui progres yang diperlihatkan timnas Indonesia U-22. Ia juga bicara mengenai persaingan antara timnas Indonesia U-22 dengan Thailand dan Vietnam dalam perebutan dua tiket semifinal.

"Indonesia menjadi tim yang lebih baik dari terakhir kali kami menghadapi mereka. Thailand pun ada di sana dan Vietnam sudah lebih awal menunjukkan betapa seriusnya mereka. Saya yakin para pemain mereka menunjukkan sikap yang sangat baik. Mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka," kata Kim Sweee, seperti dikutip Goal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rapor Indonesia dan Malaysia

Sejauh ini, timnas Indonesia U-22 pun sudah memperlihatkan performa yang cukup mengesankan. Setidaknya mereka masih berpeluang besar lolos ke semifinal usai menahan Thailand 1-1, menang 3-0 atas Filipina, dan 1-0 atas Timor Leste.

Untuk memperbesar peluang lolos ke semifinal, masih ada dua rintangan yang harus dihadapi timnas Indonesia U-22. Mereka akan menghadapi Vietnam pada Selasa (22/8/2017) dan Kamboja pada Kamis (24/8/2017).

Malaysia juga mengukir hasil mengesankan di Grup A. Mereka baru saja memastikan tiket semifinal usai mengalahkan Myanmar 3-1 di Shah Alam Stadium, Senin (21/8/2017) malam. Kemenangan itu juga membuka jalan Malaysia untuk menjadi juara Grup A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.