Sukses

10 Negara Ikuti Skate Asia di Bintaro

Total 339 atlet figure skating dari 10 negara akan berebut menjadi yang terbaik di Skate Asia di Bintaro.

Liputan6.com, Jakarta - 10 negara mengikuti kejuaraan Ice Skating berlevel Asia yaitu Skate Asia pada 6 hingga 13 Agustus mendatang di BX Rink, Bintaro. Ini pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah event tahunan ini.

Indonesia menjadi tuan rumah untuk seri ketiga Skate Asia. Sebelumnya, Skate Asia sudah digelar di Beijing dan Malaysia.

Skate Asia diikuti 339 atlet figure skating dari 21 Ice Rink di 10 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Hong Kong, Tiongkok, Thailand, Taiwan, Vietnam, Kuwait, Kamboja dan Uni Emirat Arab.

"Kejuaraan ice skating itu bersifat menghibur. Tapi pada kesempatan ini, kami juga ingin mencetak atlet ice skating muda berbakat yang bisa berbicara di level internasional nantinya," kata Manager BX Rink, Wawan Dermawan Salim kepada wartawan.

Indonesia menyertakan atlet paling lambat sekitar 200 atlet dari 3 ice rink. Ada atlet nasional dari kelas junior yang ikut serta, sedangkan atlet yang ikut SEA Games absen sedang mengikuti pelatnas.

"Dua atlet SEA Games William Sutrisna dan Erika Sanjaya hanya perform saja di pembukaan karena mereka sedang ikut pelatnas dan sebentar lagi ikut SEA Games," ujar Wiwin.

Kompetisi Skate Asia dinilai oleh 4 orang wasit dari Amerika Serikat dan 6 dari Asia. Ada 4 kelas yang dilombakan yaitu Artistic, Solo Comp, Jump and Spin dan production team. Beberapa sponsor nasional seperti Perusahaan Gas Negara (PGN) juga turut mendukung event ini.

"Setelah sekian tahun, Indonesia akhirnya bisa menggelar event bergengsi ini. Nantinya juga akan ada akreditasi untuk pelatih di event ini," kata Presiden Ice Skating Institue (ISI) Asia, Harry Janto Leo.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.