Sukses

MotoGP Republik Ceko: Akankah Tim Honda Pertajam Kemenangan?

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez mampu beradaptasi cepat degan trek Sirkuit Brno, tempat digelarnya MotoGP Republik Ceko.

Liputan6.com, Brno - MotoGP 2017 putaran kedua akan digelar pekan ini. Grand Prix Republik Ceko akan menandai balapan seri 10 yang dihelat di Sirkuit Automotodrom Brno, Minggu (6/8/2017) malam WIB.

Sirkuit Brno punya enam tikungan kiri dan delapan tikungan kanan serta trek lurus pendek sepanjang 636 meter. Hal ini akan menciptakan kesulitan bagi para pembalap maupun teknisi dari tim pabrikan maupun satelit di kelas elit.

Sejauh ini, ada lima pembalap yang bakal mendapat sorotan tajam dari penikmat kuda besi di seluruh dunia saat balapan edisi 30 di Sirkuit Brno digelar. Adalah Marc Marquez, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa.

Uniknya, dari kelima nama tersebut, hanya Marquez yang mampu beradaptasi cepat dengan trek Brno, terutama ketika kondisi cuaca berubah (hujan dan kering). Kondisi cuaca selalu menjadi isu seksi di balapan MotoGP musim ini.

Itu masih berlaku buat sirkus kuda besi ketika menjalani balapan di Sirkuit Brno. Selama sesi latihan bebas hingga kualifikasi, hanya Marquez yang mampu menguasai lintasan sepanjang 5,4km.

Marquez sukses menandai pole position keempat di MotoGP 2017 (Argentina, Austin, Jerman, dan Republik Ceko). Satu hal yang membuat pembalap Repsol Honda itu konsisten adalah perubahan yang dilakukan tim Honda dengan menempelkan fairing baru pada RC213V. Inilah yang mendorong kepercayaan dirinya jelang balapan di Sirkuit Brno.

Itu dibuktikan saat Marquez mengasapi Rossi di kualifikasi setelah mencatatkan waktu 1 menit 54.981 detik. Keberhasilan itu semakin mempertajam Honda adalah salah satu tim yang sudah mengoleksi kemenangan terbanyak di Brno.

Pembalap terakhir pabrikan Jepang yang berada di podium pertama adalah Cal Crutchlow (LCR Honda). Akan tetapi, Marquez tetap mewaspadai sejumlah pembalap,termasuk duo Yamaha, Rossi dan Vinales.

"Valentino menunggangi motor yang sama seperti Maverick dan sangat dekat. Sehingga sulit untuk menjawab. Tapi, jika melihat balapan, Dani Pedrosa sangat cepat di kualifikasi. Tapi, kami harus menunggu karena Yamaha mampu meningkatkan performa dengan baik, terlebih Rossi biasanya sangat cepat pada hari Minggu," papar Marquez.

Kita lihat bagaimana persaingan yang akan terjadi di balapan seri 10 nanti. Akankah Honda mengulangi kesuksesan di Sirkuit Brno atau malah mencetak hasil minor?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sirkuit Brno

Profil Sirkuit Brno

Nama Sirkuit : Automotodrom Brno
Panjang: 5.4 km
Lebar: 15 m
Banyak Tikungan: 14
Tikungan kanan: 8 kali
Tikungan Kiri: 6 kali
Juara 2016: Cal Crutchlow

(David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.