4 Klub Serie A yang Pemainnya Laris Manis di Bursa Transfer 2017

Oleh Bogi Triyadi pada 24 Jul 2017, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Jul 2017, 10:00 WIB
Andrea Belotti
Perbesar
Penyerang Torino Andrea Belotti.(AFP/Marco Bertorello)

Liputan6.com, Turin - Bursa transfer pemain musim panas 2017 menyajikan fakta menarik untuk disimak. Pemain-pemain kelas dunia terus menerus dirumorkan bakal berganti kostum musim depan. Ada yang sudah terwujud, namun masih banyak yang belum.

Dari Spanyol, pemain-pemain yang paling banyak diincar biasanya berasal dari klub besar. Sebut saja James Rodriguez dan Alvaro Morata. Keduanya sama-sama diperebutkan oleh klub-klub besar, sebelum akhirnya benar-benar mendapatkan pilihan. James bergabung dengan Bayern Munchen, sementara Morata sudah menjadi milik Chelsea.

Di Inggris dan Jerman juga cenderung demikian. Pemain yang ramai peminatnya rata-rata milik klub besar. Di antaranya Alexis Sanchez (Arsenal), Sergio Aguero (Manchester City), Phillippe Coutinho (Liverpool), hingga Anthony Martial (Manchester United) di Inggris. Dari Jerman, ada Pierre Emerick Aubameyang (Dortmund) dan Renato Sanches (Bayern Muenchen).

Lain halnya dengan di Serie A Italia. Pemain yang laris manis di pasaran justru banyak berasal dari klub semenjana. Mereka bukan pemain dengan segudang pengalaman, melainkan bintang-bintang baru yang memiliki masa depan yang cerah.

Sebagian besar dari mereka sudah laku terjual. Sebagain lainnya masih menggantung karena klub pemilik mereka masih menunggu pembeli yang berani menawar dengan harga tertinggi.

Berikut empat klub Serie A yang pemainnya paling laris di bursa transfer musim panas ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 5 halaman

1. Atalanta

Andrea Conti
Perbesar
Pemain anyar AC Milan, Andrea Conti. (Paolo Magni/ANSA via AP)

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Atalanta adalah salah satu penyuplai pemain muda berbakat di Italia saat ini. Pemain-pemain mereka banyak diperebutkan oleh klub-klub besar, terutama oleh Inter Milan, AC Milan, dan Juventus. Banyak di antaranya yang telah resmi pindah, seperti Frank Kessie dan Andrea Conti. Keduanya diambil oleh AC Milan setelah bermain gemilang sepanjang musim lalu.

Sebelumnya, pada bursa transfer Januari lalu, Atalanta juga sudah kehilangan Roberto Gagliardini, yang pindah ke Inter Milan. Klub asal Kota Bergamo itu juga telah menjual Mattia Caldara ke Juventus, meski masih bisa memanfaatkan jasanya untuk satu tahun lagi dengan status pinjaman.

Tak ayal, berkat para penggawanya yang sekarang telah hengkang itu, musim lalu Atalanta menjelma menjadi tim yang kuat. Mereka mampu finis di peringkat empat klasemen akhir Serie A, mengatasi tim-tim besar macam Lazio, AC Milan, serta Inter Milan. Atalanta lantas berhak tampil di Liga Europa musim ini.

3 dari 5 halaman

2. Fiorentina

Borja Valero
Perbesar
Borja Valero. (doc. Inter Milan)

Setelah Atalanta, ada Fiorentina yang para pemainnya juga satu per satu dibajak oleh klub-klub besar. Sejauh musim panas ini, Fiorentina sudah kehilangan Borja Valero yang pindah ke Inter Milan dan Josip Ilicic yang dibeli Atalanta. Keduanya merupakan pemain penting Fiorentina pada musim lalu.

Selanjutnya, La Viola juga harus siap-siap kehilangan dua bintangnya, Federico Bernardeschi dan Nikola Kalinic. Bernardeschi, yang juga diincar Inter Milan, Arsenal, dan Liverpool, dikabarkan sudah sepakat untuk bergabung dengan Juventus. Sementara Kalinic, penyerang Kroasia berusia 29 tahun itu, juga dalam waktu dekat akan menandatangai kontrak dengan AC Milan.

Tak sampai di situ, La Viola juga harus menjaga penggawa-penggawa mereka yang lain, seperti Milan Badelj, Federico Chiesa, dan Matias Vecino. Yang disebutkan terakhir ini bahkan selangkah lagi akan berseragam Inter Milan, mengikuti jejak Borja Valero.

4 dari 5 halaman

3. Sampdoria

Luis Muriel
Perbesar
Luis Muriel. (Reuters)

Tak kalah dari Atalanta dan Fiorentina, para pemain Sampdoria juga laris manis di bursa transfer musim panas ini. Tercatat, sejauh ini sudah terjual Luis Muriel ke Sevilla dan Milan Skriniar ke Inter Milan.

Namun, dua saja tidak dapat mewakilkan predikat laris manis itu. Ya, selain dua bintang itu, Sampdoria juga harus bersiap kehilangan Patrik Schick. Penyerang berusia 21 tahun selangkah lagi akan bergabung dengan Inter Milan. Sebelumnya, ia juga sudah hampir bergabung dengan Juventus, namun terkendala soal sakit jantung saat pemeriksaan medis.

Banyaknya pemain andalan yang hengkang, tentu akan berpengaruh pada kekuatan Sampdoria musim depan. Jika musim lalu mereka kerap membuat kejutan dengan menumbangkan tim-tim besar, musim ini hal tersebut agaknya akan sulit diulang. Pasalnya, Sampdoria tidak mampu mengimbangi kepergian para pemain bintang mereka itu. Blucherchiati hanya membeli Gianluca Caprari (dari Inter) dan Nicola Murru (dari Cagliari) untuk menambal kepergian mereka.

5 dari 5 halaman

4. Torino

Bruno Peres
Perbesar
Bruno Peres. (AFP/Giuseppe Cacace)

Dan klub pemilik salah satu pemain paling diincar di Eropa saat ini adalah Torino. Pemain yang dimaksud tak lain adalah Andrea Belotti. Penyerang berusia 23 tahun itu diincar oleh Chelsea, Manchester City, Paris Saint-Germain, dan AC Milan. AC Milan bahkan sangat ngotot untuk mendatangkannya meski sudah membeli sepuluh pemain di bursa transfer musim panas ini.

Sejauh ini, Torino bersikukuh tak akan menjual Belotti dalam waktu dekat. Pemain Timnas Italia itu akan dipertahankan mati-matian, kecuali jika ada klub yang mampu menebus klasul rilis yang bernilai 100 juta euro. Belotti mencuri perhatian setelah musim lalu mampu mencetak 26 gol dan delapan assists dalam 35 pertandingan.

Namun, bukan hanya Belotti yang laris di pasaran. Setidaknya Torino telah menjual Bruno Peres ke AS Roma (10,63 juta pound sterling) dan Nikola Maksimovic ke Napoli (17 juta pound sterling). Kedua pemain tersebut sebelumnya juga diperebutkan beberapa klub besar sebelum resmi memiliki klub baru. (Abul Muamar)

Lanjutkan Membaca ↓