Sukses

Persib Vs Persija Tanpa Jakmania, Ini Respons Maman

Maman memahami alasan mengapa Jakmania dilarang mendukung Persija di kandang Persib.

Liputan6.com, Jakarta - Duel El Clasico antara Persib Bandung dan Persija Jakarta untuk kesekian kalinya tidak dihadiri suporter tim yang bertandang. Kali ini, The Jakmania yang dilarang datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/7/2017).

Melarang Jakmania menghadiri duel Persib melawan Persija sejatinya adalah keputusan yang wajar. Maklum, Jakmania dan Bobotoh adalah dua kelompok suporter yang memiliki hubungan tidak harmonis sejak lama.

Guna menghindari kejadian yang tak diinginkan, polisi pun mengeluarkan keputusan larangan untuk Jakmania. Bagi Persija, tentu saja itu sebuah kerugian besar. Tetapi, bek tengah Persija Maman Abdurrahman memaklumi keputusan itu.

"Saya tidak terlalu tahu hal itu (soal mencari solusi). Kalau oke datang saja ke Bandung atau datang saja ke Jakarta, tapi nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mungkin itu yang dijaga yang selama ini agar tidak terjadi," kata Maman.

Bagi Maman, menghadapi Persib dengan seragam Persija adalah sebuah tugas sulit. Maklum, Persib adalah tim yang sempat diperkuat bek berusia 35 tahun itu pada 2008-2013. Tentu sudah banyak momen indah yang dilewati Maman bersama Persib.



Situasi itu membuat Maman sadar soal tekanan yang akan diberikan Bobotoh di GBLA nanti. Tapi, ia tetap menganggap bahwa masih ada Bobotoh yang mencintainya, meskipun saat ini ia sudah berseragam Persija.

"Pasti selalu ada pro dan kontra. Ada beberapa Bobotoh yang masih respek saya saya, masih baik, dan ada juga yang ganggu. Saya pikir itu salah satu cara mereka mencintai saya," tegas Maman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.