Sukses

Jauhari Johan Bidik Target Tinggi di Asian Triathlon Championship

Jauhari Johan ingin menjadi yang tercepat di kawasan Asia Tenggara pada ajang Asian Triathlon Championship.

Liputan6.com, Palembang - Atlet triathlon Indonesia Jauhari Johan memasang target tinggi pada kejuaraan ASTC Asian Triathlon Championship 2017 yang dihelat di kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, 21-23 Juli nanti.

Mantan atlet marathon itu bernafsu ingin menjadi yang terbaik di Asian Triathlon Championship. Sekadar informasi, ajang yang menjadi tes event Asian Games 2018 ini diikuti 36 negara di Asia. Tentunya ini menjadi motivasi tersendiri bagi Jauhari ketika bertanding di kampung halamannya sendiri.

"Memang cukup berat karena ajang ini diikuti 36 negara. Paling tidak harus bisa menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara seperti hasil sebelumnya," ujar Jauhari kepada Liputan6.com, Selasa (18/7/2017).

Dia mengakui jika triathlon yang menggabungkan tiga cabang olahraga sekaligus itu memiliki tingkat kesulitan yang sama. Tapi,
dirinya cukup diuntungkan dengan kondisi medan yang memang sudah diketahuinya.

"Memang berat, tapi kita tuan rumah. Jadi harus bisa menjadi yang terbaik, paling tidak bisa mempertahankan pencapaian sebelumnya," jelasnya.

Awalnya, Jauhari yang akan turun bersama Reza Novaris di Asian Triathlon Campionship 2017 ini dikabarkan tak akan tampil di kejuaraan tersebut. Alasannya ajang ini bakal menjadi pembelajaran atlet Triathlon lainnya yang akan mengikuti SEA Games 2017 di Malaysia nanti.

Namun melalui pertimbangan matang, kedua atlet yang menjadi andalan Indonesia di SEA Games 2017 Kuala Lumpur tersebut diperbolehkan mengikuti kejuaraan ini. "Sebelumnya saya bersama Reza Novaris memang tidak diharapkan ikut kejuaraan ini. Karena dikhawatirkan akan diintip atlet dari negara lain yang akan tampil di SEA Games nanti. Tapi, ajang inilah yang menjadi pemanasan kami untuk mengukur kekuatan sebelum tampil di SEA Games," tandasnya.

"Triathlon di SEA Games nanti akan berlangsung pada 21 Agustus 2017 di Putra Jaya, Malaysia. Dengan dengan waktu tersebut, kejuaraan ini momentum yang pas untuk pemanasan," pungkas Jauhari. [Indra Pratesta]

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.