Sukses

Menghitung Peluang Timnas Indonesia U-16 ke Semifinal AFF U-15

Timnas Indonesia U-16 menelan pil pahit di laga kedua Piala AFF U-15.

Liputan6.com, Chonburi - Timnas Indonesia U-16 menelan pil pahit di laga kedua Piala AFF U-15. Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- kalah 0-1 dari tuan rumah Thailand di Chonburi Campus Stadium 1, Selasa (11/7/2017).

Gol semata wayang Thailand dicetak Suphanat Muenta pada menit ke-73. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-16 berada di peringkat kelima pada klasemen Grup A Piala AFF U-15.

Tim besutan Fachri Husaini itu baru mengumpulkan satu poin. Sebelumnya, timnas Indonesia U-16 bermain imbang 2-2 melawan Myanmar, akhir pekan lalu.

Posisi Garuda Asia di klasemen Grup A, masih tertinggal dari Myanmar, Australia, dan Laos. Myanmar meraih kemenangan 2-0 atas Laos di laga kedua. Hasil itu membuat Myanmar berada di posisi kedua dengan raihan empat poin.

Laos berada di posisi keempat setelah menang 2-0 atas Singapura di laga perdana. Sedangkan Australia menang telak 8-0 atas Singapura dan berada di posisi ketiga.



Meski kalah di laga kedua Grup A, timnas Indonesia U-16 masih berpeluang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-15. Sebagai catatan, setiap grup akan diwakili dua tim yang masuk ke babak semifinal, yakni juara dan runner up.

Dengan sisa tiga pertandingan, Garuda Asia punya peluang ke semifinal dengan menyapu bersih kemenangan. Itu artinya, Indonesia harus mengumpulkan sembilan poin.

Namun ada syarat lainnya. Mengingat Australia menang 8-0 atas Singapura, Timnas Indonesia U-16 wajib menang dengan banyak gol di setiap laga. Produktivitas gol lebih diutamakan untuk menentukan peringkat dibandingkan dengan head to head.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tergantung Hasil 3 Negara

Brylian Aldama dan kawan-kawan juga harus bergantung dengan hasil pertandingan Myanmar, Austalia, dan Laos. Laga penentuan timnas Indonesia U-16 ke semifinal Piala AFF U-15 bakal berlangsung besok.

Di laga ketiga, timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Australia. Pertandingan ini bakal berlangsung di Chonburi Campus Stadium 1, Kamis (13/7/2017).

"Usai pertandingan (melawan Thailand), pemain Timnas Indonesia U-16 masih tetap optimistis. Mereka katakan sendiri kalau masih ada pertandingan lainnya. Saya yakin, anak-anak bisa bangkit di pertandingan berikutnya," ujar pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachri Husaini di laman resmi PSSI.

"Masih ada sembilan poin yang masih bisa kami kejar. Kalau di tiga pertandingan berikutnya kami bermain minimal seperti ini, saya optimistis bisa meraih hasil positif di tiga laga sisa. Jadi, peluang kami untuk lolos masih terbuka," katanya menegaskan. *

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.