Lukaku Permalukan 4 Striker Top Eropa Ini

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 09 Jul 2017, 19:00 WIB
Diperbarui 09 Jul 2017, 19:00 WIB
Pencetak Gol Terbanyak Premier League 2016-2017 hingga Pekan 11
Perbesar
Lukaku menyepakati kontrak berdurasi lima tahun di Old Trafford Stadium, kandang MU. (AFP/Ben Stansall)

Liputan6.com, Manchester - Romelu Lukaku resmi bergabung dengan Manchester United (MU). Lukaku sudah menjalani tes medis bersama MU di California, Amerika Serikat, Sabtu (8/7/2019).

Untuk merekrut striker Timnas Belgia tersebut, manajemen Setan Merah --sebutan MU-- harus menyerahkan uang sebesar 75 juta pounds atau setara Rp 1,2 triliun kepada Everton.

Lukaku menyepakati kontrak berdurasi lima tahun di Old Trafford Stadium. Dia juga dikabarkan mendapat bayaran sebesar 250 ribu pounds per pekan.

Media Inggris, Squawka menyebut Lukaku sebagai salah satu striker top Eropa. Di usianya yang masih 24 tahun, Lukaku sudah mencetak 165 gol dari 374 pertandingan. Dia memulai kariernya di Liga Profesional Belgia pada 2009/10.

Pada musim lalu, dia menjadi mesin gol andalan Everton. Dia mampu mencetak 25 gol dan menyumbang enam assists dari 36 penampilan di Liga Inggris.

Jumlah gol Lukaku saat masih 24 tahun disejajarkan dengan pemain-pemain top. Ia bahkan mampu mengalahkan dua mantan bintang MU, Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic.

Berikut empat striker top Eropa yang jumlah golnya dipecundangi Lukaku saat masih berusia 24 tahun:

2 dari 5 halaman

Zlatan Ibrahimovic (110 Gol)

Manchester United, Saint-Etienne, Liga Eropa
Perbesar
Zlatan Ibrahimovic. (AP/Dave Thompson)

Pemain pertama yang dikalahakan Lukaku adalah Zlatan Ibrahimovic. Mantan kapten Timnas Swedia itu berada di usia 24 tahun saat memperkuat Juventus pada musim 2005/06.

Ibrahimovic berhasil mencetak 110 gol dari 291 penampilan bersama tiga tim, Juventus, Ajax Amsterdam, dan Malmo. Pada usia 24 tahun, dia sudah memenangkan satu gelar Piala KNVB dan dua trofi Eredivisie.

Saat ini, Ibrahimovic belum mendapat klub baru setelah kontraknya tidak diperpanjang Manchester United. Pria berusia 35 tahun itu masih mengalami cedera lutut.

3 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo (145 Gol)

Cristiano Ronaldo
Perbesar
Cristiano Ronaldo. (AFP/Mladen Antonov)

Cristiano Ronaldo berada di usia 24 tahun saat bermain untuk Manchester United pada musim 2008/09. Ya, itu merupakan musim terakhirnya bersama klub berjulukan Setan Merah sebelum bergabung dengan Real Madrid.

Di usia 24 tahun, Ronaldo berhasil mencetak 145 gol dari 393 pertandingan bersama dua klub, MU dan Sporting CP. Ini bisa dikatakan luar biasa mengingat Ronaldo bermain sebagai winger.

Saat berusia 24 tahun, Ronaldo sudah meraih gelar Piala FA, Piala Liga Inggris (dua), Liga Inggris (tiga), Community Shield, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

4 dari 5 halaman

Didier Drogba (18 Gol)

Manchester United, Premier League, Jose Mourinho, Zlatan Ibrahimovic
Perbesar
Didier Drogba. (AFP/Facundo Arrizabalaga)

Romelu Lukaku juga lebih hebat dari striker legendaris Chelsea, Drogba. Padahal, Drogba merupakan penyebab utama Lukaku ditendang Jose Mourinho saat masih di Chelsea pada 2014.

Kenyataannya, jumlah gol Drogba saat masih berusia 24 tahun kalah telak dari Lukaku. Saat masih berumur 24 tahun, Drogba hanya mencetak 18 gol dari 83 pertandingan.

Ketika itu, striker asal Pantai Gading ini masih memperkuat klub Prancis, Le Mans pada musim 2001/02. Drogba juga belum memenangkan gelar saat usianya seperti Lukaku.

5 dari 5 halaman

Luis Suarez (164 Gol)

Luis Suarez
Perbesar
Luis Suarez. (AFP)

Striker Barcelona, Luis Suarez merupakan predator mematikan di kotak penalti lawan. Pada musim lalu, dia berhasil mencetak 37 gol dari 51 penampilan bersama Barcelona di semua kompetisi.

Namun kenyataannya, saat masih 24 tahun, jumlah gol Suarez kalah dari Lukaku. Striker yang kini berusia 30 tahun itu mencetak 164 gol dari 282 pertandingan.

Ketika 24 tahun, Suarez masih memperkuat Liverpool pada musim 2010/11. Saat usianya seperti Lukaku, Suarez sudah memenangkan Liga Paraguay, Piala Liga Belanda, Eredivisie, dan Copa Amerika.

Saksikan video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓