Sukses

Ada Guardiola di Balik Sukses Jerman Juara Piala Dunia

Klub-klub di Bundesliga dan Timnas Jerman mengikuti ide sepak bola Guardiola

Liputan6.com, Munchen - Gelandang Bayern Munich Thiago Alcantara menilai Pep Guardiola memiliki peran dalam keberhasilan Tim Nasional Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014. Guardiola, kata Thiago, telah mengubah gaya sepak bola di Bundesliga.

Guardiola mulai melatih Bayern pada 2013. Ia bertahan selama tiga tahun di klub tersebut dan selalu membawa Der Bavarians juara Bundesliga.

Klub-klub di Bundesliga dan Timnas Jerman pun mulai mengikuti ide sepak bola Guardiola. Dan hasilnya terlihat ketika Der Panzer menjadi juara dunia.

Guardiola membawa penekanan lebih besar pada dominasi dan mengendalikan permainan,” kata Thiago kepada Marca.

“Bundesliga sebelumnya selalu menjadi kompetisi tentang kekuatan dan gol. Tapi, Guardiola mengubah konsep sepak bola Jerman secara umum dan Timnas Jerman menemukan harmoni yang membuat mereka menjadi juara dunia,” Thiago menambahkan.

Selama melatih Bayern, Guardiola mengantar klub itu menjuarai tiga Bundesliga, dua DFB-Pokal, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Kini, mantan pelatih Barcelona itu melatih Manchester City di Liga Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.