Sukses

3 Pendatang Baru Serie A Musim Depan

Persaingan Serie A musim depan bertambah ramai dengan kedatangan tiga muka baru.

Liputan6.com, Jakarta - Serie A 2016/2017 berakhir pada 27 Mei lalu. Juventus masih mendominasi dengan kembali keluar sebagai juara untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

AS Roma akan mendampingi La Vecchia Signora sebagai wakil Serie A di babak grup Liga Champions, dengan Napoli berpeluang mengikuti asalkan lolos play-off.

Atalanta, Lazio, dan AC Milan membela panji Italia di Liga Europa. Atalanta langsung lolos babak grup. Sedangkan AC Milan mesti tampil sejak babak kualifikasi.

Di dasar klasemen, tiga tim terdegradasi ke Serie B. Mereka adalah Empoli, Palermo, dan Pescara. Yang paling tragis adalah Empoli karena mereka tersalip oleh Crotone di pekan terakhir.

Posisi mereka akan digantikan tiga tim terbaik Serie B. Kehadiran mereka akan menggenapi jumlah tim yang berlaga di Serie A menjadi 20. Berikut tiga tim pendatang baru Serie A musim 2017/2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SPAL 2013

Klub pendatang baru pertama di Serie A musim depan adalah Societa Polisportiva Ars et Labor atau lebih dikenal dengan singkatan SPAL 2013. SPAL sukses promosi ke Serie A setelah menjuarai Serie B musim 2016/2017 secara meyakinkan, dengan koleksi 78 poin dari 42 pertandingan.

SPAL berdiri tahun 1907. Klub ini berpusat di Kota Ferrara, Emilia-Romagna, dan bermarkas di Stadion Paolo Mazza. Terakhir kali SPAL berkompetisi di Serie A adalah pada tahun 1966. Saat itu Serie A hanya berisi 16 tim, dan SPAL finis di peringkat 14.

Sejak saat itu, SPAL mengalami kesulitan keuangan dan lebh banyak berkutat di kompetisi Serie C. SPAL juga sempat beberapa kali mengalami kebangkrutan hingga berubah namanya, dari SPAL1907 pada tahun 2005, SSD Real SPAL (2012), dan terakhir menjadi SPAL 2013 (2013).

SPAL 2013 hanya butuh satu musim bermain di Serie B untuk dapat promosi ke Serie A.

3 dari 4 halaman

Hellas Verona

Verona promosi secara otomatis ke Serie A musim depan, setelah mengamankan peringkat kedua Serie B dengan 74 poin. Jumlah angka Verona sama dengan Frosinone, namun unggul rekor pertemuan.

Tak butuh waktu lama bagi Verona untuk tampil kembali di Serie A. Mereka hanya butuh satu tahun setelah terdegradasi pada musim 2015/2016.

Dengan pengalaman cukup banyak, mantan klub Luca Toni itu siap menebar ancaman bagi klub-klub Serie A musim depan.

4 dari 4 halaman

Benevento Calcio

Menurut aturan Lega Calcio, hanya dua tim teratas Serie B yang dapat promosi langsung ke Serie A musim depan. Sedangkan satu jatah lagi harus diperebutkan melalui jalur play-off bagi peringkat 3 hingga peringkat 8.

Tahun ini, sesuai urutan di papan klasemen, enam tim Serie B yang harus melewati babak play-off untuk dapat promosi ke Serie A adalah Frosinone, Perugia, Benevento, Cittadella, Carpi, dan Spezia. Dan pemenang babak play-off adalah Benevento.

Bermodalkan peringkat kelima di klasemen akhir, Benevento tampil perkasa di putaran tersebut. Mereka mengalahkan Spezia, Perugia, serta Carpi di final. Benevento melengkapi tiga tim yang promosi ke Serie A musim depan.

Benevento Calcio merupakan klub asal Kota Benevento, Campania, yang didirikan pada tahun 1929, dan didirikan ulang pada tahun 2005. Warga seragam utama klub ini adalah kuning merah.

Ini merupakan kali pertama bagi klub berjuluk Stregoni itu lolos Serie A. Keberhasilan ini pun terasa luar biasa. Sebab, mereka juga baru debut di Serie B. Selama ini, prestasi tertinggi klub asuhan Marco Baroni itu hanya sampai Serie C. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.