Sukses

5 Bintang yang Wajib Diselamatkan dari Tim Papan Bawah

Beberapa pemain tim degradasi punya potensi untuk bersinar bersama klub papan atas Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Klub juara pasti diisi oleh sejumlah pemain hebat. Akan tetapi, banyak juga pemain hebat yang bermain di klub-klub kecil.

Contohnya beberapa pemain yang kini membela tiga tim papan bawah Liga Inggris seperti Hull City, Middlesbrough, dan Sunderland. Mereka diakui memiliki kualitas mumpuni, meski tak bisa mengangkat performa tim secara keseluruhan.

Jelang penutupan musim ini, mereka tak mampu menyelamatkan klub dari jurang degradasi. Bukannya turun pamor, sejumlah pemain klub tersebut malah jadi incaran tim-tim besar.

Seperti misalnya bek muda Hull City Harry Maguire. Pemain 24 tahun tersebut tengah dipantau oleh runner-up klasemen Tottenham Hotspur hingga duo klub Merseyside, Everton dan Liverpool.

Ternyata bukan hanya Maguire yang siap "diselamatkan" klub lain. Beberapa pemain tim degradasi lainnya punya potensi untuk bersinar bersama klub papan atas.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Daily Star.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gastón Ramírez

Gastón Ramírez adalah pesepak bola asal Uruguay yang bermain sebagai gelandang serang di Middlesbrough. Dia pernah membela timnas Uruguay dalam ajang besar seperti Olimpiade 2012, Piala Konfederasi 2013, hingga Piala Dunia 2014.

Setelah meninggalkan Southampton, Ramirez kembali bergabung dengan Middlesbrough yang sempat meminjamnya dan meneken kontrak selama tiga musim. Tapi dia tak mampu menyelamatkan The Boro yang tertahan di posisi ke-17 klasemen sementara.

Pertandingan pertama Ramírez setelah menandatangani kontrak permanen adalah laga pembuka musim ini melawan Stoke City. Dalam partai yang berakhir imbang 1-1, dia membuat assist untuk gol Middlesbrough yang dicetak Alvaro Negredo.

3 dari 6 halaman

Lamine Kone

Lamine-Gueye Koné merupakan salah satu dari sekian banyak pemain Pantai Gading yang merumput di Liga Inggris. Pemain jebolan Turnamen Toulon itu memilih untuk membela Sunderland pada Januari 2016 dan menjadi penyelamat saat The Black Cats nyaris terdegradasi.

Koné pernah memainkan peran besar dalam kemenangan Sunderland melawan Manchester United Februari tahun lalu. Tendangan sudutnya membuat David de Gea mencetak gol bunuh diri hingga skor berakhir 2-1 untuk Sunderland.

Pada 11 Mei 2016, dia menjadi pahlawan kemenangan lewat dua golnya ke gawang Everton. Sayangnya, musim ini dia tak mampu mengangkat timnya dari zona papan bawah.

4 dari 6 halaman

Jordan Pickford

Tim nasional Inggris punya kiper masa depan di Sunderland, yakni Jordan Pickford. Pemain 23 tahun itu sudah membela The Three Lions di berbagai kelompok umur mulai dari U-16 hingga U-21.

Pickford memulai musim 2016/2017 ini sebagai pemain pengganti Vito Mannone. Namun, setelah Mannone mengalami cedera lengan yang serius dalam latihan, Pickford dipasang menjadi starter sejak pekan ketiga melawan Southampton.

Pada 13 April 2017, Pickford dinobatkan sebagai satu dari enam nomine Pemain Terbaik PFA Tahun Ini.

5 dari 6 halaman

Harry Maguire

Harry Maguire adalah pemain jebolan Sheffield United yang bermain untuk Hull City sejak 2014. Kontrak bek 23 tahun itu akan berakhir musim depan dan kini hingga banyak klub yang mengantri untuk mendapatkannya.

Kabar baik untuk tim peminat Maguire seperti Leicester, Everton hingga Liverpool karena sang pemain telah menolak perpanjangan kontrak dan akan keluar dari Kota Yorkshire sebelum berstatus free transfser.

Leicester menginginkan bek yang lebih muda, karena kapten mereka Wes Morgan sekarang berusia 33 tahun. Adapun rekannya di lini belakang Robert Huth juga akan mencapai usia yang sama di bulan Agustus nanti.

6 dari 6 halaman

Jermain Defoe

Salah satu pemain yang wajib diselamatkan dari tim papan bawah adalah Jermain Defoe. Defoe merupakan striker yang kenyang pengalaman merumput bersama tim-tim besar sebelum berlabuh ke Sunderland pada 2015 lalu.

Eks penyerang Tottenham Hotspur dan West Ham itu pernah membuat pernyataan bakal hengkang dari klub jika terdegradasi. Benar saja, The Black Cats dipastikan harus berlaga di Divisi Championship musim depan karena finis di posisi buncit klasemen Liga Inggris.

Sejak pernyataan itu Defoe kerap dikaitkan dengan sejumlah klub. Mulai dari Bournemouth, Newcatle United, sampai West Ham United.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Sunderland merupakan salah satu tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris
    Sunderland merupakan salah satu tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris

    Sunderland