Sukses

Michelin Sediakan 3 Pilihan Ban untuk MotoGP Prancis

MotoGP Prancis digelar di Sirkuit Le Mans akhir pekan ini.

Liputan6.com, Le Mans - Balapan seri kelima di MotoGP Prancis bakal berlangsung akhir pekan ini. Michelin selaku pemasok ban MotoGP sudah menyediakan tiga pilihan ban yang akan digunakan para peserta balap di tiga kelas.

Dari data pengujian yang dilakukan belum lama ini cukup positif. Pasalnya, dengan perubahan aspal baru memungkinkan perusahaan asal Prancis menyiapkan ban yang disesuaikan pada tingkat yang jauh lebih baik.

Seperti pada semua balapan musim ini, senyawa lembut, sedang dan keras akan tersedia dengan penambahan asimetris depan dan belakang lebih keras pada bagian sisi kanan. Michelin juga menyiapkan ban basah (lunak dan sedang).

Penggunaan bagian depan asimetris sebelumnya telah dijajal pada empat trek berbeda yakni Sachsenring, Aragon, Phillip Island dan Valencia. Tapi, ini adalah pertama kalinya bagian asimetris depan dan belakang diberlakukan di Sirkuit Le Mans.

"Ini adalah akhir pekan yang sangat penting bagi kami karena balapan berlangsung di Grand Prix Prancis yang selalu memiliki makna khusus," jelas Piero Taramasso selaku manajer Michelin, seperti dikutip dari Crash, Selasa (16/5/2017).

"Penggemar motor di Prancis pasti bakal memeriahkan balapan ini. Jadi kami harus memastikan hiburan yang menarik buat mereka. Awal bulan ini kami menjalani pengujian aspal baru di Le Mans dan hasilnya cukup bagus. Kami juga mengumpulkan banyak data mengenai senyawa yang akan digunakan," paparnya.

Taramasso menambahkan aspal baru akan memberikan performa yang luar biasa saat kondisi trek kering. Namun begitu, belum bisa dipastikan apakah balapan MotoGP Prancis akan berlangsung dalam kondisi cerah mengingat cuaca di Sirkuit Le Mans selalu berubah. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.