Sukses

5 Pelatih yang Bisa Gantikan Stefano Teco di Persija

Posisi pelatih Persja saat ini Teco tengah berada di ujung tanduk.

Liputan6.com, Jakarta Kursi Kepelatihan Persija Jakarta yang diduduki, Stefano Cugurra Teco, tengah panas. Bukan tanpa alasan, ada banyak dorongan yang meminta Teco untuk segera cabut karena rangkaian hasil minor di Liga 1.

Ismed Sofyan cs memang dalam posisi yang kritis. Sejak melawan Persiba Balikpapan di pekan pertama, sampai saat ini belum ada lagi kemenangan yang sukses diraih. 

Alhasil, saat ini mereka terjerembab di urutan ke-15 dengan empat poin dari 6 laga. Stefano Cugurra Teco menjadi sosok yang disalahkan karena dianggap kurang bisa memaksimalkan skuat Persija yang sebenarnya cukup baik.

Dirut Persija Jakarta, Gede Widiade, memang sabar dengan Stefano Cugurra Teco. Namun, dia tetap memberi batas toleransi, yakni saat Persija melawat ke markas Perseru Serui, 28 Mei mendatang.

Andai kalah lagi nantinya, Persija harus segera bergerak cepat untuk cari pengganti karena kompetisi sedang berjalan. Ada lima nama yang bisa jadi alternatif mereka, siapa saja? Berikut Liputan6.com sajikan:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan menjadi nama teratas yang diinginkan Jakmania untuk gantikan Teco. Sebab, mereka masih belum bisa melupakan permainan Macan Kemayoran yang atraktif bersama pelatih kelahiran Metro, Lampung itu.

RD, sapaan akrabnya, pernah tiga periode tangani Macan Kemayoran, yakni pada 2006, 2010-2011, dan 2014-15.

Pelatih 50 tahun itu memang belum berikan gelar buat Persija. Namun, pada 2008 lalu, dia sempat bawa Macan Kemayoran finis di urutan ketiga klasemen. Pada 2014-15 lalu, RD juga bawa Persija cuma berbeda satu angka saja dari Pelita Bandung Raya, untuk lolos ke babak 8 besar dari wilayah Barat.

 

3 dari 6 halaman

Laurent Hatton

Laurent Hatton

Nama Hatton bisa jadi alternatif kedua untuk Persija. Karena pelatih asal Prancis sudah cicipi Liga 1 bersama PS TNI.

Bersamanya, PS TNI sebenarnya belum terkalahkan. Namun, dia tiba-tiba dipecat dengan alasan yang kurang jelas. Padahal, sebelum tercelat, dia berhasil bawa PS TNI menang 2-1 dengan sembilan pemain kontra tuan rumah Bhayangkara FC.

Masuknya Hatton ke kubu Macan Kemayoran bisa membangkitkan mental dan gairah tim. Karena, dia terkenal punya disiplin yang keras.

 

4 dari 6 halaman

Dejan Antonic

Dejan Antonic

Dejan sudah sejak lama sebenarnya diisukan menangani Persija Jakarta. Pada ISC lalu, dia juga sempat dikabarkan ke Jakarta, sebelum malah belok ke Persib Bandung.

Pelatih asal Serbia itu jua terkenal bisa melahirkan sejumlah pemain muda. Ini pas buat Persija yang rata-rata andalkan wonderkidnya.

Nama Dejan sendiri tenar saat tangani PBR. Dari 29 laga di sana, dia berhasil raih 12 kemenangan, delapan hasil imbang, dan cuma sembilan kalah dengan persentase kemenangan 41,38 persen. Namun, dia memang kurang dapat dukungan saat bersama Persib Bandung dan bertahan cuma lima bulan.

5 dari 6 halaman

Luciano Leandro

Luciano Leandro

Luciano Leandro memang bukan muka baru di kubu Persija Jakarta. Sebab, Lucy, sapaan akrabnya berhasil membawa Persija jadi juara Liga Indonesia di musim 2000-2001.

Sosok asal Brasil tersebut sejatinya sempat menjadi pelatih PSM Makassar. Namun, gagal dan dipecat hanya dalam beberapa laga.

Namun deikian, apa salahnya mencoba di Persija. Spirit 2001 yang terus digaungkan bisa dibawa oleh mantan pelatih PSMS Medan tersebut.

 

6 dari 6 halaman

Ibnu Grahan

Ibnu Grahan

Kedekatan Gede Widiade dengan Ibnu Grahan, bisa jadi jalan keluar. Ibnu belakangan cukup sukses menangani Bhayangkara FC, meski posisinya tergusur oleh Simon McMenemy.

Bersama Ibnu, BFC sendiri sukses mengakhiri ISC 2016 lalu di posisi ketujuh, jauh lebih baik ketimbang Persija. Duet Ibnu-Mustaqim sendiri bisa dibilang menarik.

Apalagi, Ibnu masuk kriteria karena sudah kantongi lisensi A AFC. Menarik untuk dinantikan, apakah Gede akan menunjuk Ibnu untuk atasi krisis Macan Kemayoran.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini