Sukses

Feyenoord Rebut Juara Eredivisie, Dirk Kuyt Jadi Pahlawan

Feyenoord akhiri paceklik gelar Eredivisie sejak 18 tahun terakhir.

Liputan6.com, Feyenoord - Kapten Feyenoord, Dirk Kuyt, mencetak hattrick kala membawa timnya menaklukkan Heracles Almelo 3-1, sekaligus memastikan diri sebagai jawara Eredivisie Liga Belanda 2016-2017 di laga pamungkas yang berlangsung di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Minggu (14/5/2017).

Feyenoord membutuhkan kemenangan, pasalnya hanya terpaut satu poin dari peringkat kedua Ajax Amsterdam jelang laga dimulai. Namun, hattrick Kuyt memastikan tim besutan Giovanni van Bronckhorst menjadi juara liga dengan raihan 82 poin, sementara Ajax (81) yang di laga lain juga menang 3-1 atas Willem II (36) di peringkat kedua.

Dengan demikian, Feyenoord menyudahi paceklik gelar Eredivisie selama 18 tahun terakhir sekaligus gelar Eredivisie ke-15 mereka sepanjang sejarah.

Kuyt membuka keunggulan Feyenoord tepat pada menit pertama dalam upaya serangan pertama yang dicoba timnya, dengan sebuah tendangan kaki kanan dari sudut sempit memanfaatkan umpan dari Bart Nieuwkoop.

Sebelas menit berselang, Kuyt menggandakan keunggulan Feyenoord dengan tandukan jarak dekat menyambut umpat silang dari kiriman Eljero Elia.

Enam menit jelang waktu normal usai, Kuyt melengkapi raihan trigolnya dengan eksekusi penalti setelah Nicolai Jorgensen dilanggar Mike te Wierik di dalam area terlarang.

Heracles membalas di pengujung laga lewat gol Peter van Ooijen yang membuat pertandingan berakhir dengan kedudukan 3-1 bagi tuan rumah.

Susunan pemain kedua tim:

Feyenoord: Brad Jones (PG); Bart Nieuwkoop (Rick Karsdorp), Eric Botteghin, Jan-Arie van der Heijden, Terence Kongolo (Miquel Nelom); Jens Toornstra, Dirk Kuyt, Karim El Ahmadi; Steven Berghuijs, Nicolai Jorgensen, Eljero Elia (Bilal Basacikoglu)

Pelatih: Giovanni van Bronckhorst

Heracles Almelo: Bram Castro (PG); Tim Breukers, Mike te Wierik, Justin Hoogma, Mark-Han Fledderus; Thomas Bruns (Robin Proepper), Joey Pelupessy, Reuven Niemeijer (Peter van Ooijen); Brandley Kuwas, Samuel Armenteros, Kristoffer Peterson (Brahim Darri)

Pelatih: John Stegeman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.