Sukses

Lomba Dayung Meriahkan HUT Kota Surabaya ke 724

Lomba dayung di HUT Kota Surabaya diharapkan menghasilkan atlet-atlet muda berprestasi.

Liputan6.com, Surabaya - Lomba dayung memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya ke-724. Lomba digelar di kawasan monkasel Sungai Kalimas, Surabaya, Jawa Timur.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, lomba ini diharapkan memunculkan atlet-atlet muda dari Surabaya yang bisa menorehkan prestasi di masa depan, baik di level lokal maupun internasional. Karena itu, ia mengimbau kepada semua peserta agar giat berlatih dan mau mengembangkan bakatnya.

"Lebih dari itu, acara ini mampu menjauhkan mereka dari kenakalan remaja seperti narkoba," kata Risma di sela-sela sambutannya, Sabtu (6/5/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas dan Pendidikan Olahraga M. Afghani memaparkan, tujuan acara ini untuk meningkatkan rasa kecintaan masyarakat Surabaya, khususnya atlet atau peserta terhadap olahraga dayung. "Selain itu, memanfaatkan Sungai Kalimas lewat olahraga dan digunakan sebagai sarana wisata," kata Afghani.

Kasi Olahraga dan Prestasi Dispora Sugiyanto menambahkan digelarnya perahu naga fun and game untuk menanamkan rasa kepeduliaan terhadap Sungai Kalimas. "Artinya, lewat acara ini masyarakat Surabaya digugah hatinya untuk lebih mencintai lingkungan sungai kalimas," ucapnya.

Festival Kalimas yang diselenggarakan selama sebulan ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 09.00-15.00. Sedangkan sesi kedua pukul 18.00-21.00. Sebanyak 450 peserta yang terdiri dari 41 tim ambil bagian pada ajang ini.

Masing-masing peserta berasal dari tiga golongan, antara lain pelajar SMA, mahasiswa, TNI (Armatim dan Marinir) dan Polri. "Nantinya, kami akan mengambil 20 pemenang masing-masing 10 pemenang dari sektor pria dan wanita. Pemenang akan mendapat uang pembinaan dan sertifikat," ujarnya.

Adapun serangkaian macam lomba yang diadakan antara lain, lomba dayung dragon, sampan, rescue, galon dan kintir ban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.