Sukses

15 Pembalap Indonesia Ikuti Banyuwangi International BMX 2017

15 pembalap Indonesia bakal bersaing dengan 4 negara lainnya di Banyuwangi International BMX 2017.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sebanyak 301 pembalap mancanegara mengikuti Banyuwangi International BMX 2017 yang resmi dibuka pada hari ini di Sirkuit Muncar Banyuwangi Jawa Timur, Sabtu 22 April 2017.

Pembukaan itu ditandai pemencetan sirene oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Bupati Anas mengatakan kejuaraan ini bukan hanya event Banyuwangi saja, melainkan juga membawa nama Indonesia.

"Ini bukan event Banyuwangi tapi dunia. Banyak pembalap dunia yang hadir di sini," kata Anas.

Kompetisi BMX kelas C1 ini telah masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). UCI sendiri telah menunjuk Kevin Braybon dari Australia sebagai Chief of Commissaire di ajang ini. Even sport tourism Banyuwangi International BMX ini masuk agenda Banyuwangi Festival 2017 ini merupakan tahun kedua penyelenggaran.

Para peserta dari manca negara akan saling beradu kehandalan di kompetisi ini. Ada lima negara yang berpartisipasi dalam komperisi ini, Malaysia, Australia, Hongkong, Amerika Serikat, dan Jepang.

"Malaysia bahkan menurunkan empat tim, yakni tim nasional, Serawak, Selangor, dan Trengganu," kata Anas.

"Sedangkan Timnas Indonesia, menurunkan 15 atletnya untuk berlaga langsung di 3 kelas yang dilombakan di Banyuwangi International BMX , termasuk Tony Syarifudin dan Elga Charisma Novanda," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sirkuit Internasional

Sirkuit BMX yang terletak di Desa Kedungrejo, Muncar ini merupakan sirkuit berstandar internasional terbaik di Indonesia.

“Sirkuit BMX Muncar ini dibangun sesuai dengan kriteria seperti yang distandarkan oleh UCI. Seperti panjang lintasan, kemiringan lintasan, serta tinggi tanjakan sesuai standar. Dibandingkan daerah lain di Indonesia," kata Ketua PB ISSI Raja Sapta Odang.

Sirkuit Muncar ini memiliki tingkat kesulitan lintasan sepeda jauh lebih bagus divanding sirkuit lain di Indonesia.

Sirkuit BMX Muncar merupakan sirkuit milik Pemkab Banyuwangi yang mulai dibangun 2015. Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektare ini awalnya digunakan pada pergelaran Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) V tahun 2015 saat  Banyuwangi menjadi tuan rumahnya.

Sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 350 meter dengan lebar yang bervariasi, yakni 10 meter untuk single dan 12 meter untuk double. Lintasan tersebut memiliki 17 tanjakan (jumping) dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 0,5 meter hingga 2,25 meter, dengan sudut kemiringan 75 derajat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini