Sukses

Jadi Pembalap Penguji F1, Sean Gelael: Ini Pengalaman Penting

Sean Gelael menjajal mobil Toro Rosso di Sirkuit Sakhir, Bahrain.

Liputan6.com, Sakhir- Pembalap Indonesia Sean Gelael telah menjalani sesi latihan bersama tim Formula 1 Toro Rosso. Debut Sean di lingkungan F1 itu mendapat perhatian besar bos tim F1 Red Bull, Christian Horner atas penampilannya di sirkuit Sakhir, Bahrain.

“Catatan waktunya cukup bagus. Dia membuktikan kalau dia bisa melakukannya,” kata Horner. 

Tim Red Bull punya afiliasi dengan tim Toro Rosso. Pada sesi latihan di Sakhir Bahrain, Sean memakai mobil STR12 milik Daniil Kvyat. Sean Gelael melahap 78 putaran dengan catatan waktu terbaiknya satu menit 33,885 detik.

Dari 12 pembalap yang mengikuti sesi latihan, catatan waktu Sean Gelael menempati urutan kedelapan. Adapun waktu tercepat pada sesi latihan hari pertama dibuat pembalap Mercedes Lewis Hamilton dengan torehan waktu satu menit 32,798 detik.

Catatan waktu Sean bahkan lebih cepat dari pembalap Ferrari, Sebastian Vettel yang menghabiskan 89 putaran, namun hanya bisa mengukir waktu tercepat satu menit 33,894 detik.

Sesi latihan yang dijalani Sean sebenarnya tidak berlangsung mulus. Mobil STR12-nya sempat mengalami masalah pressure pump, sehingga tak memberi banyak waktu bagi Sean untuk tampil di lintasan. Untungnya Sean bisa beradaptasi dengan baik. Pembalap berusia 20 tahun ini dengan cepat memahami sistem pengereman, power, dan ban lebih lebar yang semuanya berbeda dengan mobil F2.

Sean sendiri cukup sadar bahwa ini hanya langkah awal menuju F1 dan belum menjamin musim depan dia akan berada di ajang balap F1. Selain di Bahrain, Sean juga akan diberi kesempatan di Budapest dan Abu Dhabi.

“Uji coba ini pengalaman penting bagi saya. Namun, musim ini saya harus fokus ke balapan F2 dan berupaya meraih hasil yang bagus,” kata Sean Gelael yang musim 2017 ini membalap untuk tim Pertamina Arden di ajang F2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.