5 Pesepakbola Top yang Alami Kebangkrutan

Oleh Liputan6 pada 12 Apr 2017, 14:30 WIB
5 Pesepakbola Top yang Alami Kebangkrutan

Liputan6.com, Jakarta Sepak bola yang sarat akan uang dan ketenaran memang membuat beberapa pesepakbola terlena. Mereka menghambur-hamburkan uang selagi masa jayanya, tanpa peduli akan masa depan. 

Nah, sifat buruk itu yang terjadi kepada beberapa pemain ini. Kekayaan membuat mereka terlena dan tak memikirkan betapa roda kehidupan akan berputar.

Memang, beberapa pemain top saat ini mengantongi kontrak besar yang bisa menjamin uang untuk seumur hidup. Namun, kebiasaa buruk untuk berjudi dan penyalahgunaan zat terlarang telah membunuh mereka.

Tak usah berlama-lama lagi, siapa saja mereka? Berikut 5 pesepak bola top yang dinyatakan bangkrut dikutip Sportskeeda:

 

2 of 6

5. David James

5 Pesepakbola Top yang Alami Kebangkrutan
David James (Ist)

5. David James

Salah satu kiper Inggris paling terkenal ini ternyata dinyatakan bangkrut setelah bercerai dengan istrinya. Kebangkrutan pemain datang pada 2014 lalu setelah dia dikejar-kejar utang.

Sang kiper menceraikan istrinya, Tanya pada 2005. Setelah itu, dia harus menanggung sejumlah biaya. Meskipun meraih 20 juta pounds dalam karier sepak bolanya, James tak mampu membayar utangnya.

Hal ini setelah dia menjual banyak foto memori yang dikumpulkan selama kariernya, termasuk jersey yang ditandatangani, bola pertandingan, sarung tangan, dan sejenisnya. Bahkan, James harus menjual sepedanya untuk menutupi utang tersebut.

 

3 of 6

4. John Arne Riise

5 Pesepakbola Top yang Alami Kebangkrutan
John Arne Riise (AFP)

4. John Arne Riise

Pahlawan Liverpool di bek kiri ini padahal sempat punya uang bergelimang. Dia digaji sebesar 50 ribu pounds per pekan.

Namun, pada 2007 lalu dia dinyatakan bangkrut karena utang senilai 100 ribu pounds. Dia terlibat dalam masalah hukum dengan mantan agennya, Einar Baardsen.

Selain itu, Riise juga pernah tertipu di Norwegia dengan mahar mencapai 3 juta pounds. Kini, Riise tengah membangun kembali masa-masa indah di India Super League bersama Chennaiyin FC.

 

4 of 6

3. Brad Friedel

img_friedel-4.jpg
Brad Friedl (AFP)

3. Brad Friedel

Kiper asal Amerika ini merupakan bagian dari beberapa tim Liga Inggris. Dia bisa dibilang salah satu pemain asing asal Amerika yang paling terkenal di Tanah Britania Raya.

Namun dia dinyatakan bangkrut dan punya utang lebih dari 5 juta pounds. Hal ini terjadi pada 2011 karena akademi yang dibangunnya tak berjalan seperti semestinya.

Dia awalnya meminjam dari RBS Citizens untuk bangun akademi di Ohio. Namun, lembaga keuangan mengambil semua aset Friedl karena tak kunjung bisa bayar utang dan bunganya. Bahkan, rumah yang memiliki nilai mencapai 260 juta pounds turut disita.

 

5 of 6

2. Paul Merson

5 Pesepakbola Top yang Alami Kebangkrutan
Paul Merson (Ist)

2. Paul Merson

Salah satu pemain didikan Arsene Wenger ini telah menikmati karier cemerlang di Arsenal. Dia merupakan bagian dari tim yang memenangkan Piala FA dan Liga Inggris.

Namun, Merson datang ke jalan yang salah dengan uang besarnya. Dia terganggu dengan masalah alkohol dan narkoba yang bisa menghabiskan uang sampai 3 juta pounds.

Pemain ini juga akhirnya bercerai dan harus menjual rumahnya di West Midlands karena masalah hidup yang dihadapinya. Kini, Merson merupakan salah satu komentator di Sky Sports untuk mengmpulkan lagi pundi-pundi uangnya.

 

6 of 6

1. Paul Gascoigne

5 Pesepakbola Top yang Alami Kebangkrutan
Paul Gascoigne (Ist)

1. Paul Gascoigne

Pemain berbakat asal Inggris ini pernah menjadi fenoma dari generasinya. Dia memulai kariernya di Newcastle tapi kemudian pindah ke Tottenham Hotspur.

Namun, kehidpan pasca-pensiun seperti bencana. Dia berjuang dengan masalah depresi dan mental yang berat karena kecanduan alkohol dan narkoba.

Akibatnya, dia berhutang lebih dari 200 ribu pounds. Pesepakbola ini juga pernah dipenjara beberapa kali karena mengemudi dalam keadaan mabuk, kepemilikan Kokai, dan gangguan mental.

I. Eka Setiawan

[vidio:]()

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by