Sukses

Trio Amerika Utara Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Terakhir kali Piala Dunia berlangsung di Amerika Utara terjadi tahun 1994.

Liputan6.com, New York - Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

AS nantinya akan menggelar 60 pertandingan pada turnamen, dengan Kanada dan Meksiko masing-masing melangsungkan 10 partai. Jumlah laga bertambah karena Piala Dunia 2026 diikuti 48 tim.

Saat ini, Piala Dunia diikuti 32 peserta dan menghadirkan 64 duel. "Ketimbang bersaing di antara tetangga, kami memilih bersatu," kata Presiden Asosiasi Sepak Bola Kanada Victor Montagliani, dilansir Sports Illustrated.

Terakhir kali Concacaf menggelar Piala Dunia terjadi pada 1994 melalui AS. Sebelumnya Meksiko melangsungkan turnamen 1970 dan 1986.

Selain tuan rumah, salah satu tanda tanya lain terkait Piala Dunia 2026 menyangkut komposisi peserta. Sejauh ini masih berupa spekulasi dengan setiap konfederasi melobi FIFA agar mendapat jatah lebih.

Menurut isu terakhir, UEFA (Eropa) akan diwakili 16 tim, CAF (Afrika) sembilan tim, AFC (Asia) delapan tim, Conmebol (Amerika Selatan) enam tim, Concacaf (Amerika Utara dan Amerika Tengah) enam tim, OFC (Oceania) satu tim, dengan dua tempat tersisa diperebutkan play-off interkontinental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.