Sukses

5 Pembalap MotoGP Terhebat Sepanjang Massa

5 pembalap ini tercatat sejarah sebagai pembalap terhebat sepanjang masa, siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta Banyak muncul pembalap MotoGP yang hebat di setiap waktu. Saat ini, bibit kehebatan sudah mulai ditunjukkan Maverick Vinales, pembalap asal Spanyol yang baru bergabung dengan Movistar Yamaha.

Pembalap berusia 22 tahun ini sudah memenangi debut di Yamaha dengan juarai MotoGP Qatar. Kini aksi Vinales juga ditunggu di MotoGP Argentina yang berlangsung di Termas de Rio Hondo.

Vinales agak kesulitan saat kualifikasi diwarnai turunnya hujan. Dia hanya mampu start di posisi keenam. Di sinilah ujian kehebatan Vinales dimulai. Apakah dia konsisten atau tidak?

Sejak MotoGP digelar sejak 1964, ada beberapa pembalap yang bisa disebut terhebat sepanjang masa. Siapa saja mereka? Berikut rinciannya seperti dilansir totalsportek:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Mike Hailwood

Pembalap asal Inggris ini membalap di MotoGP atau 500 cc pada 1961 sampai 1967. Selama itu, Hailwood sukses mengoleksi 4 gelar juara kelas 500 cc.

Selain itu, dia juga juara di kelas 350 cc dua kali dan tiga kali di 250 cc. Itu artinya dia genap koleksi 9 gelar di sepanjang kariernya sebagai pembalap.

Dia boleh dinobatkan sebagai yang terbaik kelima karena prestasinya ini. Pembalap berjulukan 'Mike The Bike' ini juga dikenal sebagai pembalap serba bisa.

Dia bahkan pernah menjajal Formula 1, meski tidak diseriusi. Sayang, dia meninggal karena kecelakaan mobil pada usia 40 tahun.

3 dari 6 halaman

4. Michael Doohan

Pembalap asal Australia ini terkenal fenomenal saat membela Repsol Honda. Bagaimana tidak, dia sukses memenangi 5 gelar secara beruntun dari 1994-1998.

Hingga saat ini, torehan fantastis Doohan belum bisa diikuti pembalap MotoGP lainnya. Marc Marquez nyaris jejaki langkah Doohan, tapi dia kehilangan gelar pada 2015.

Doohan dikenal sangat mengenal motor yang dikendarainya. Selain itu, dia juga sangat paham dengan mesin 500 cc yang turut membantu penampilannya di sirkuit.

Uniknya, karier Doohan begitu singkat meski dijalani dengan fantastis. Kecelakaan membuat dia tak lagi teruskan karier di 1999.


4 dari 6 halaman

3. John Surtees

Kembali, pembalap asal Inggris berjaya di ajang MotoGP. Kali ini, nama John Surtees yang melesat pada 1956-1960.

Dia sukses merebut juara di kelas 500 cc sebanyak 4 kali. Dia juga merebut gelar juara 350 cc sebanyak 3 kali sehingga genap koleksi 7 gelar di semua kelas.

Surtees tak hanya hebat di balap roda dua. Seperti rekannya Hailwood, dia juga turut terjun di Formula 1.

Hebatnya, Surtees sukses menjadi juara F1 pada 1964. Dia tercatat menjadi pembalap satu-satunya yang bisa menang di MotoGP dan F1.

5 dari 6 halaman

2. Valentino Rossi

Sulit untuk mendiskripsikan kehebatan Valentino Rossi. Pembalap asal Italia ini boleh disebut legenda MotoGP karena konsisten membalap hingga kini berusia 38 tahun.

Selama itu, Rossi sudah merebut 7 gelar MotoGP pada 1997 sampai 2009.Setelah pindah ke Ducati, Rossi alami kemandekan karier.

Setelah pindah kembali ke Yamaha, Rossi belum berhasil lagi menjadi juara. Prestasi terbaiknya menjadi runner up tiga kali pada 2014,2015 dan 2016.

Selain MotoGP, Rossi menjadi juara Moto2 dan Moto3 satu kali. Dia hinga saat ini sudah rebut 9 gelar dan masih terus mengejar gelar ke-10nya.


6 dari 6 halaman

1. Giacomo Agostini

Pembalap terhebat sepanjang masa masih dipegang oleh Giacomo Agostini. Selama membalap pada 1966-1975, pembalap asal Italia ini sukses merebut 15 gelar juara di semua kelas.

Rinciannya yaitu juara kelas 500 cc sebanyak 8 kali dan 350 cc sebanyak 7 kali. Agostini juga mengoleksi 122 kemenangan di MotoGP.

Ini belum bisa dikejar Rossi yang saat ini baru mencatatkan 114 kemenangan. Rossi masih butuh 8 kemenangan lagi untuk samai itu.

Mungkinkah Rossi rampungkan target itu musim ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini